PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAKET KONSTRUKSI TANGGA BETON BERTULANG PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI DAN UTILITAS KELAS XI DPIB SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • YETI SUSILOWATI
  • HENDRA WAHYU CAHYAKA

Abstract

Metode pembelajaran langsung digunakan pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan di SMK Negeri 3 Surabaya dengan media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis dan Lembar Kerja Siswa. Komunikasi yang terbangun selama proses pembelajaran belum tersampaikan secara utuh sehingga kurang memacumotivasi peserta didik. Oleh karena itu, siswa belum jelas dan masih ada beberapa diantara mereka yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Mengingat adanya masalah tersebut, maka digunakan media maket yang dapat menarik perhatian siswa dan sekaligus mampu mewakili penjelasan guru. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata–rata hasil belajar setelah menggunakan Media Maket konstruksi tangga beton bertulang dengan MetodeResearch and Development (R&D).

Jenis penelitian ini menggunakan metode Experimen dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 3 Surabayayang berjumlah 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI DPIB I dengan jumlah 30 siswa. Teknik sampling menggunakan Sampling Purposive. Pengumpulan data menggunakan metode tes berupa pemberian tes menggambar untuk mendapatkan hasil belajar.

Hasil uji hipotesis hasil belajar menghasilkan nilai t hitung > nilai t tabel, yaitu 10,10 > 1,669; yang berarti H0 ditolak sedangkan Ha diterima, artinya rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan Media Maket dengan Metode R&D lebih besar dari KKM (>) dari 73 dan tergolong dalam kriteria Baik.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan denganMedia Maket Konsrtuksi Tangga Beton Bertulang yang sudah tervalidasi dengan hasil Sangat Valid dan penekananMetode R&D dalam proses belajar mengajar dapat memberikan hasil belajar siswa yang baik dan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 209
PDF Downloads: 189