PENERAPAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA KOMPETENSI DASAR MEMPRESENTASIKAN JENIS-JENIS ALAT BERAT PADA PEKERJAAN KONSTRUKSI

  • NUR ALI
  • GDE AGUS YUDHA PRAWIRA ADISTANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan Model Blended Learning menggunakan aplikasi Google Classroom dengan Model Pembelajaran Langsung pada kompetensi dasar mempresentasikan jenis-jenis alat berat pada pekerjaan konstruksi kelas X DPIB di SMKN 1 Tuban.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain penelitian “Nonequivalent Control Group Design” yaitu Posttest-only Control Group Design. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Tuban pada tahun ajaran 2018/2019. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dalam penelitian ini didapat dari nilai kongitif siswa. Nilai kognitif diambil dari hasil tes siswa yang diberikan pada akhir kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap hasil nilai post test siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Langsung pada kelas X DPIB 1 diperoleh rata-rata kelas nilai hasil post test siswa sebesar 55 dari 31 siswa, nilai median sebesar 55,5, nilai minimum data 38 dan nilai maksimum data 70 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Blended Learning menggunakan aplikasi Google Classroom pada kelas X DPIB 2 diperoleh rata-rata kelas nilai hasil post test siswa sebesar 64 dari 31 siswa, nilai median sebesar 60,5, nilai minimum data 34 dan nilai maksimum data 84. Hasil analisis uji hipotesis (uji t) didapat thitung sebesar 2,67 dan ttabel sebesar 2,00. Jadi kesimpulannya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang diajar menggunakan model Blended Learning menggunakan aplikasi Google Classroom dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Kelas yang diajar menggunakan model Blended Learning lebih termotivasi dalam proses pembelajaran dan siswa juga lebih mudah memahami materi yang disampaikan sehingga hasil post test lebih baik dari kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata kunci: Kuasi Eksperimen, Alat Berat , Hasil Belajar, Dasar-dasar Konstruksi Bangunan.
This study aims to determine the differences in learning outcomes between students taught using the Blended Learning Model using the Google Classroom application with the Direct Learning Model on the basic competencies of presenting the types of heavy equipment in class X DPIB construction work at SMKN 1 Tuban.
The research method used is a quasi experimental research design with “Nonequivalent Control Group Design” that is Posttest-only control group design. The research subjects used were grade X DPIB students of SMK Negeri 1 Tuban in the 2018/2019 school year. The instrument for collecting data uses a test. Data analysis in this study is an analysis of student learning outcomes. Student learning outcomes in this study were obtained from students cognitive values. Cognitive value is taken from the results of student tests given at the end of learning activities.
Based on the results of research on the results of the post test scores of students who were taught using the Direct Learning Model in class X DPIB 1 obtained an average grade of student test results of 55 of 31 students, a median value of 55.5, a minimum value of data 38 and a maximum value data 70 while student learning outcomes taught using the Blended Learning Model using the Google Classroom application in class X DPIB 2 obtained an average grade of 64 students from 31 post-test results, a median score of 60.5, a minimum score of 34 data and grades maximum data 84. The results of the analysis of the hypothesis test (t test) obtained tcount of 2.67 and ttable of 2.00. So in conclusion there are differences in learning outcomes between classes taught using the Blended Learning model using the Google Classroom application and students who are taught with a direct learning model. Classes taught using the Blended Learning model are more motivated in the learning process and students also more easily understand the material presented so that the results of the post test are better than the classes taught using the direct learning model.
Keywords: Quasi Experiment, Heavy Equipment, Learning Outcomes, Building Construction Basics.


Published
2019-10-14
Section
Articles
Abstract Views: 245
PDF Downloads: 259