PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SAP2000 PADA MATERI ANALISA GAYA BATANG KOSNTRUKSI RANGKA BATANG KELAS X-DPIB SMKN 1 KEMLAGI

  • ABHI BAGUS RAMADHAN
  • SUPRAPTO

Abstract

ABSTRAK

Siswa SMK cenderung tertarik terhadap mata pelajaran yang bersifat penerapan dan praktikum dibanding dengan mata pelajaran yang dominan dengan konsep analisa dan perhitungan gaya yakni mata pelajaran mekanika teknik. Oleh karena itu, untuk menarik perhatian dan mempermudah pemahaman siswa maka diperlukan penerapan media pembelajaran yang relevan dan melibatkan siswa secara langsung yakni program SAP2000. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa, dan perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen (X DPIB 2) dengan kelas kontrol (X DPIB 1) akibat penggunaan program SAP2000 pada materi analisa gaya batang konstruksi rangka batang.

Bentuk penelitian yang digunakan ialah True-Experimental dengan jenis Posttest–Only-Control Design pada kelas eksperimen (X DPIB 2) dan kelas kontrol (X DPIB 1) yang dilaksanakan sebanyak tiga kali tatap muka yang berisikan 33 siswa pada tiap kelas di SMKN 1 Kemlagi semester genap 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi keterlaksanaan pembelajaran, pengisian angket respon siswa pada tatap muka ketiga atau terakhir, dan tes hasil belajar yang diberikan pada tiap tatap muka.

Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan pada kelas eksperimen diperoleh persentase kesesuaian rata-rata pada ketiga pertemuan sebesar 94% yang termasuk kategori sangat sesuai terhadap RPP. Hasil pengisian angket respon siswa pada kelas eksperimen diperoleh persentase sebesar 81% yang termasuk kategori sangat setuju terhadap perlakuan yang diberikan. Sementara itu, rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 79,5. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 68,3. Berdasarkan rata-rata hasil belajar dari kedua kelas tersebut diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 14,08%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan SAP2000 pada materi analisa gaya batang pada konstruksi rangka batang memberikan perbedaaan hasil belajar yang lebih baik.

Kata Kunci: SAP2000, Analisa Gaya Batang, Keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa, Hasil belajar.

Published
2019-11-26
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 199