PENGARUH KECERDASAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERHITUNGAN VOLUME PEKERJAAN KONSTRUKSI GEDUNG ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE

  • PUTRI CHOLISOH ANJANSARI
  • MAS SURYANTO HS

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan spasial siswa terhadap hasil belajar materi perhitungan volume estimasi biaya konstruksi dengan penerapan model pembelajaran think-pair-share. Sehingga, dari hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran think pair share akan bisa dikorelasikan/dihubungkan dengan hasil tes kecerdasan spasial peserta didik untuk mengetahui apakah ketidakantusiasan siswa memang saling berhubungan dengan kecerdasan spasial yang rendah, yang akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisa data yang digunakan adalah korelasi dan regresi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah nilai kecerdasan spasial siswa, sedangkan variabel terikat menggunakan nilai kognitif dan psikomotorik siswa dalam materi menghitung volume pekerjaan konstruksi gedung yang memiliki prosentase masing-masing 50%. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh kemampuan spasial siswa terhadap hasil belajar materi perhitungan volume estimasi biaya konstruksi dengan penerapan model pembelajaran think-pair-share.
Berdasarkan hasil analisis korelasi didapatkan bahwa ada hubungan yang sedang antara kemampuan spasial terhadap hasil belajar siswa menghitung volume pekerjaan konstruksi gedung. Sedangkan dari hasil analisis regresi kemampuan spasial (X) terhadap hasil belajar siswa menghitung volume pekerjaan konstruksi gedung (Y) di kelas XII DPIB B dan C diperoleh sebuah persamaan regresi linier sederhana Y = 0,734X – 22,467.

Kata kunci : Kecerdasan Spasial, Think-pair-share, Perhitungan Volume

Abstract
This study aims to determine the effect of spatial ability of students on learning outcomes material calculation of the estimated volume of construction costs by applying the think-pair-share learning model. So, from learning outcomes by applying think pair share learning models will be correlated / related to the results of students spatial intelligence tests to find out whether students insolvency is indeed interconnected with low spatial intelligence, which ultimately affects student learning outcomes.
This research is a quantitative descriptive research. Data analysis techniques used are correlation and regression. The independent variable in this study is the value of students spatial intelligence, while the dependent variable uses students cognitive and psychomotor values ​​in the material to calculate the volume of building construction work that has a percentage of 50% each. The hypothesis in this study is the influence of students spatial ability on learning outcomes material calculation of the estimated construction cost volume by applying the think-pair-share learning model.
Based on the results of the correlation analysis found that there is a moderate relationship between spatial ability on student learning outcomes to calculate the volume of building construction work. While the results of the spatial ability regression analysis (X) on student learning outcomes calculate the volume of building construction work (Y) in class XII DPIB B and C obtained a simple linear regression equation Y = 0.734X - 22.467.

Keywords: Spatial Intelligence, Think-pair-share, Volume Calculation
Published
2019-12-11
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 44