PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PENGOPERASIAN JENIS-JENIS PERALATAN SURVEY DAN PEMETAAN DI KELAS X SMKN 1 SIDOARJO

  • RAHMATUL FAJRIN MAULANDARI
  • SUPARJI

Abstract

ABSTRAK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PENGOPERASIAN JENIS-JENIS PERALATAN SURVEY DAN PEMETAAN DI KELAS X SMKN 1 SIDOARJO

Model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah salah satu model pembelajaran berpusat pada siswa (student centered) yang dapat menumbuhkan semangat dan motivasi siswa dalam mengerjakan latihan-latihan soal dengan suasana menyenangkan, sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar karena adanya kerja sama antar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah tentang kelayakan perangkat, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang kelayakan perangkat, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.

Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sidoarjo, jurusan Desain Penelitian dan Informasi Bangunan (DPIB) dan waktu penelitian dilakukan pada semester gasal 2019/2020. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X DPIB dengan jumlah 36. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menganalisa kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar yang dinyatakan dalam prosentase dan menguji hipotesis dengan uji-t pihak kiri.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan perangkat pembelajaran mendapat rata-rata rating sebesar 86,25%, termasuk dalam kategori sangat layak. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran menggunakan kooperatif tipe make a match mendapat rata-rata total sebesar 82,50% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa menunjukkan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 86,11% dan nilai rata-rata hasil belajar (mean) 80,72 dengan thitung sebesar 7,678, harga ttabel sebesar 1,692 dan derajat kebebasan sebesar 5% (0,05), maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Kata Kunci: Model Pembelajaran make a match, Hasil Belajar, Survey dan Pemetaan.


ABSTRACK

THE APPLICATION OF THE MAKE A MATCH COOPERATIVE LEARNING MODEL TO THE THE MATERIAL FOR OPERATING THE TYPES OF SURVEY AND MAPPING EQUIPMENT IN CLASS X SMKN 1 SIDOARJO

Cooperative learning model make a match is one of the models centered learning students (student centered) to foster the spirit and motivation of the students in doing the exercises with the condition is fun, so that students become more active in the learning process for their cooperation among students. The problems of this research is about the feasibility of the device, learning implementation, and learning results. The purpose of this study is to obtain a description of the feasibility of the device, learning implementation, and student learning results after the implementation of cooperative learning model make a match.

This type of research is pre-experimental design. The research was conducted at SMK Negeri 1 Sidoarjo, majoring in research design and building information (DPIB) and the time of the research done on the odd semester 2019/2020. The samples used were students of class X DPIB with the number 36. The research instruments used are learning device validation sheets, observation sheets of learning implementation and post test sheet. Data analysis technique used is descriptive analysis by analyzing the feasibility of learning tools, learning implementation and learning results expressed in percentages and test hypotheses using t-test against the left.

The results showed that the feasibility study got an average rating of 86.25%, included in the category of very decent. Learning implementation using cooperative learning model using make a match gets on average a total of 82,50% is included in the excellent category. The results show the percentage of students studying classical completeness amounted to 86,11% and the average value of learning outcomes (mean) 80,72% with thitung 10.18, 7.678 ttabel prices of 1.692 and degrees of freedom at 5% (0.05), then H0 is accepted and Ha is rejected.

Keyword: Make a Match Learning, The Result of Learning, Survey and Mapping.

Published
2019-12-18
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 639