PENGEMBANGAN JOBSHEET POLIGON TERTUTUP DENGAN MENGGUNAKAN ALAT THEODOLIT PADA MATA KULIAH PENGUKURAN PEMETAAN SITUASI DAN PRAKTIKUM DI JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • M. ALI FIKRI
  • INDIAH KUSTINI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini pengembangan jobsheet dengan penilaian kinerja pengukuran poligon tertutup menggunakan alat theodolit pada mata kuliah pengukuran pemetaan situasi dan praktikum, dan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa setelah pelaksanaan praktikum dengan jobsheet.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subyek penelitian ini adalah S1- Teknik Sipil kelas B 2018. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi, dan tes yang berupa hasil belajar. Analisis data yang dipergunakan analisis kelayakan jobsheet, dan analisis hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan jobsheet yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan nilai rata-rata validasi sebesar 4,24, dengan penjabaran 4 aspek. Bagian depan jobsheet 4,33, Isi jobsheet 4,13, Latihan soal 4,50 dan Lampiran 4,00. Hasil belajar tes kinerja 30 mahasiswa dalam satu kelas memperoleh nilai ketuntasan ≥82 sebesar 53% atau 16 mahasiswa yang tuntas, sedangkan nilai ≤82 (tidak tuntas) sebesar 47% atau 14 mahasiswa. Hasil belajar tes individu 30 mahasiswa dalam satu kelas memperoleh nilai ketuntasan ≥82 sebesar 30% atau 9 mahasiswa yang tuntas, sedangkan nilai tidak tuntas ≤82 dalam satu kelas sebesar 70% atau 21 mahasiswa yang tidak tuntas.

Kata Kunci : Jobsheet, Poligon tertutup, Pengukuran pemetaan situasi

Published
2020-01-02
Section
Articles
Abstract Views: 2375
PDF Downloads: 1951