PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG DI KELAS XI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • BAGUS JUNIAWAN
  • HENDRA WAHYU CAHYAKA

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) kelayakan media Cd Interaktif; (2) ketuntasan hasil belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran menggunakan media CD Interaktif; (3) keterlaksanaan pembelajaran dengan media CD Interaktif.

Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; uji coba produk. Objek penelitian CD Interaktif pada mata pelajaran konstruksi dan utilitas gedung. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI DPIB 1 SMK Negeri 3 Surabaya tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar validasi media pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan perangkat pembelajaran, analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis hasil belajar.

Hasil penelitian ini adalah (1) hasil kelayakan media sebesar CD Interaktif sebesar 4,38; (2) Hasil penilaian tes hasil kerja rata-rata yang diperoleh seluruh siswa adalah 80,21% dengan jumlah 30 siswa mencapai KKM (tuntas) dan 2 siswa berada di bawah KKM (tidak tuntas). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar >75% (3) Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1 sebesar 4,43, pada pertemuan 2 sebesar 4,51 dan pada pertemuan 3 sebesar 4,47, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pertemuan 1,2, dan 3 diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,47 dalam kategori sangat layak.

Kata Kunci : Explicit instruction, Cd Interaktif, Hasil Belajar Siswa
Published
2020-01-20
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 140