HUBUNGAN KOMPETENSI BIDANG KEAHLIAN ILMU UKUR TANAH DAN SELF CONFIDENCE DENGAN KESIAPAN KERJA DI INDUSTRI JASA KONSTRUKSI

  • AMY NOVIANINGTYAS
  • NANIK ESTIDARSANI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara, (a) kompetensi ilmu ukur tanah dan self confidence; (b) kompetensi ilmu ukur tanah dan kesiapan kerja; (c) self confidence dan kesiapan kerja peserta didik ; (d) self confidence dan kesiapan kerja yang dikontrol oleh kompetensi ilmu ukur tanah.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif antara keahlian ilmu ukur tanah dan self confidence dan kesiapan kerja. Sampel penelitian ini adalah siswa dari program Jurusan Teknik Bangunan SMKN 1 Blitar, SMKN 2 Trenggalek, dan SMKN 3 Jombang yang berjumlah 85 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik dokumentasi, dan Teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana dan korelasi parsial.

Hasil analisis data yang didapat dengan uji korelasi antara, (a) Kompetensi Ilmu Ukur Tanah dan Self Confindence memiliki hubungan 0,373 dengan kategori rendah; (b) Kompetensi Ilmu Ukur Tanah dan Kesiapan Kerja sebesar 0,377 dengan kategori rendah; (c) Self Confindence dan Kesiapan Kerja sebesar 0,383 dengan kategori rendah; (d) Uji korelasi pasial antara Self Confidence dengan Kesiapan Kerja dikontrol Kompetensi Ilmu Ukur Tanah sebesar 0,282 dengan kategori rendah.

Kata Kunci : Kompetensi Ilmu Ukur Tanah, self confidence, kesiapan kerja.




Published
2020-02-25
Section
Articles
Abstract Views: 269
PDF Downloads: 262