PENGEMBANGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI DAN PEMETAAN TANAH DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • MUHAMMAD LUKMAN PAMUNDI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan modul pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan pemetaan tanah ditinjau oleh para ahli ; (2) hasil belajar siswa setelah penerapan modul pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan pemetaan tanah; (3) keterlaksanaan pembelajaran dengan modul pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan pemetaan tanah. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan langkah – langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk. Subyek penelitian adalah 3 orang ahli modul dan 36 siswa kelas X DPIB SMK Negeri 7 Surabaya tahun ajaran 2019/2020. Obyek penelitian adalah pengembangan modul dengan kompetensi dasar menerapkan prosedur pekerjaan konstruksi kayu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah, lembar validasi modul oleh ahli, tes hasil belajar siswa sebagai tinjauan terhadap kelayakan modul, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) modul pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan pemetaan tanah ditinjau dari para ahli dinyatakan sangat layak, hal tersebut ditunjukan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 4,31 atau 86,17%, (2) modul pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan pemetaan tanah ditinjau dari hasil belajar siswa dinyatakan sangat layak, hal tersebut ditunjukan dengan perolehan nilai rata-rata adalah 78,97, artinya nilai rata-rata seluruh siswa ≥75 (KKM). Dari 30 siswa tuntas diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,33 atau prosentase ketuntasan siswa sebesar 85,71% dan 5 siswa tidak tuntas diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,60 atau prosentase ketuntasan siswa sebesar 14,29%, (3) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan pemetaan tanah dinyatakan sangat baik, hal tersebut ditunjukan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 4,29 atau 85,83%. Kata Kunci : Kelayakan Modul, Hasil Belajar, Keterlaksanaan Pembelajaran Abstract This study aims to determine: (1) the feasibility of the module on the basics of construction and land mapping being reviewed by experts; (2) student learning outcomes in the application of modules on the basics of construction and land mapping; (3) the implementation of learning with modules on the basics of construction and land mapping. The research method used is Research and Development (R&D), with the following steps: (1) potential and problems; (2) data collection; (3) product design; (4) design validation; (5) design revisions; (6) product trials. The research subjects were 3 module experts and 36 students of class X DPIB SMK Negeri 7 Surabaya in the 2019/2020 school year. The research object is the development of the module with the basic reference is to apply the procedure of wood construction work. The research instruments used were, module validation sheets by experts, student learning achievement tests as a review of the modules feasibility, learning achievement observation sheet. The data analysis technique used is descriptive quantitative module feasibility analysis by experts, analysis of learning outcomes, analysis of the feasibility of learning. The results showed that (1) module on the basics of construction and land mapping in term of expert is very feasible, this was indicated by acquisition of an average value of 4.31 or 86.17%, (2) module on the basics of contruction and land mapping in terms of student learning outcomes is declared very feasible, this is indicated by acquisitition of an average score of 78.79, it means the average value of all student ≥75(KKM). From 30 completed student the average score was 83,33 or the percentage of student completeness was 85,71% and 5 strudent did not completed the average score was 68,60 or the perecentage of student completetness was 14,29,(3) the implementation of learning by using module on the subject of the basics of construction and land mapping is declared very good, this is indicated by acquisition of an average value of 4.29 or 85.83%. Keywords: Module Feasibility, Learning Outcomes, Learning Implementation
Published
2020-04-06
Section
Articles
Abstract Views: 128
PDF Downloads: 290