PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT PRESENTATION, ANIMATION TUTORIAL VIDEO BERBASIS VIRTUAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • NANSEKH NAUFAL KARIM
  • GDE AGUS YUDHA PRAWIRA ADISTANA

Abstract

Gde Agus Yudha Prawira Adistana

Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran powerpoint presentation, animation tutorial video berbasis virtual learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kelayakan perangkat pembelajaran menggunakan media virtual; (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media virtual; (3)hasil belajar siswa menggunakan media virtual. Desain penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan model Research and Development (R & D). Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Surabaya tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 39 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) lembar validasi kelayakan perangkat pembelajaran; (2) lembar keterlaksanaan pembelajaran; (3) lembar hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) analisis kelayakan perangkat pembelajaran; (2) analisis keterlaksanaan pembelajaran; (3) analisis hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini adalah (1) presentase rata-rata hasil kelayakan perangkat pembelajaran 83% dalam kategori sangat baik; (2) presentase hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1 mendapatkan 79% dalam kategori baik, pada pertemuan 2 mendapatkan 82% kategori sangat, jadi rata-rata keseluruhan mendapatkan sebesar 81% dalam kategori sangat baik; (3) nilai hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan (kognitif) menunjukkan presentase 82% dalam kategori sangat baik.

Kata kunci: Research and Development, Analisis keterlaksanaan pembelajaran, Teknik analisis data.

Abstract

Research on the development of PowerPoint presentation learning media, animation tutorial videos based on virtual learning has been carried out. The purpose of this study was to find out (1) the feasibility of learning devices using virtual media; (2) the implementation of learning using virtual media; (3) student learning outcomes using virtual media. The design of this study is an experimental study using the Research and Development (R & D) model. The research sample was class X students of State Vocational High School 2 Surabaya in 2018/2019 academic year totaling 39 students. The research instruments used are (1) the feasibility validation sheet of the learning device; (2) learning implementation sheet; (3) learning outcomes sheet. Data analysis techniques used are (1) feasibility analysis of learning devices; (2) analysis of the implementation of learning; (3) analysis of student learning outcomes. The results of this study are (1) the average percentage of the feasibility of 83% learning devices in the excellent category; (2) the percentage of the results of the implementation of learning at 1st meeting get 79% in the good category, at the second meeting get 82% the very category, so the overall average gets 81% in the very good category; (3) the value of student learning outcomes in the aspect of knowledge (cognitive) shows a percentage of 82% in the excellent category.

Keywords: Research and Development, Analysis of the feasibility of learning, Data analysis techniques.

Published
2020-04-07
Section
Articles
Abstract Views: 238
PDF Downloads: 350