PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG PADA MATERI MENGGAMBAR UTILITAS BANGUNAN GEDUNG DI KELAS XI
Abstract
ABSTRAK
PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN PADA MATERI MENGGAMBAR UTILITAS BANGUNAN GEDUNG DI KELAS XI
Nama : Dwi Aji Fardhana
NIM : 13050534013
Program Studi : S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Jurusan : Teknik Sipil
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Nanik Estidarsani, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Keterlaksanaan proses pembelajaran PBL menggunakan modul pada materi menggambar instalasi plambing; (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media modul untuk menggambar instalasi plambing dengan model pembelajaran PBL.
Jenis penelitian ini adalah posttest-only control design dengan sampelnya adalah siswa kelas XI KGSP SMK Negeri 5 Surabaya tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 60 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar, dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pengamatan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar, menggunakan uji t pihak kanan.
Hasil penelitian ini adalah (1) persentase rata-rata hasil pengamatan keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar adalah 92,3% dengan kategori sangat baik; (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,7. Hasil analisis uji hipotesis (uji t) di dapat thitung sebesar 3,13 dan ttabel 2,000 (signifikan, α = 5%). Dengan demikian hipotesis slternatif H0 di tolak dan Ha diterima.
Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning,Media Modul, Hasil Belajar, Instalasi Air Bersih, Instalasi Air Kotor.
ABSTRACT
APPLICATION OF LEARNING PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) WITH MODULE IN CONSTRUCTION LEARNING IN BUILDING MATERIALS DRAWING UTILITY BUILDING BUILDING IN CLASS XI
Name : Dwi Aji Fardhana
NIM : 13050534013
Study Program : S1 Technical Education Building
Vocational : Civil Engineering
Faculty : Engineering
Name of Institution : State University of Surabaya
Supervisor : Dr. Nanik Estidarsani, M.Pd
The purpose of this study was to determine (1) The implementation of the PBL learning process using modules in the plumbing installation drawing material; (2) Student learning outcomes after using the module media to draw plumbing installation with PBL learning models.
This type of research is a posttest-only control design with the sample is class XI KGSP Vocational High School 5 Surabaya in the academic year 2018/2019, amounting to 60 people. The research instrument used was a learning device validation sheet, an observation sheet for the implementation of teaching and learning activities, and a test sheet. The data analysis technique used is the analysis of observations of the implementation of teaching and learning activities and learning outcomes, as well as the t-test of the right.
The results of this study are (1) the average percentage of observations of the implementation of teaching and learning activities is 92.3% with a very good category; (2) the average value of student learning outcomes is 80.7. T-test results of the analysis of the hypothesis test (t test) cant be tuned at 3,13 and t table 2,000 (significant, α = 5%). Thus the alternative hypothesis H0 is rejected and Ha is accepted.
Keywords: Problem Based Learning Learning Model, Media Module, Learning Outcomes, Water Supply Installation, dirty Water Installation.PDF Downloads: 189