PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE MENGGUNAKAN MEDIA 3D SKETCHUP PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUAT GAMBAR POTONGAN SESUAI TANDA PEMOTONGAN DI KELAS X DPIB SMKN 2 SURABAYA

  • SYAMBADA DWI PRASETYO
  • ANDANG WIDJAJA

Abstract

Model pembelajaran langsung dengan metode ceramah yang digabungkan dengan media spidol dan papan tulis membuat siswa merasa bosan dan sering bermain handphone saat pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran example non example menggunakan media 3D sketchup merupakan inovasi pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1) kelayakan perangkat pembelajaran model example non example dengan media 3D sketchup (2) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model example non example dengan media 3D sketchup (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran example non example menggunakan media 3D sketchup dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran example non example.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Design. Tahapan penelitian dimulai dari penyusunan perangkat dan instrumen pembelajaran, validasi perangkat dan instrumen pembelajaran, pelaksanaan penelitian, posttest menggambar gambar potongan, analisis hasil belajar siswa. Analisis data meliputi analisis kelayakan perangkat pembelajaran, analisis keterlaksanaan pembelajaran, dan analisis hasil belajar.

Hasil analisis data penelitian menunjukan kelayakan perangkat pembelajaran memperoleh prosentase 86,91% yang termasuk kategori sangat layak. Keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan prosentase 88% yang dikategorikan sangat baik dalam penerapan model example non example menggunakan media 3D sketchup. Hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai kelas X DPIB 1 (kelas kontrol) sebesar 81,25 dan kelas X DPIB 2 (kelas eksperimen) mendapatkan rata-rata nilai 84,86. Nilai tHitung diperoleh sebesar (2,40) dan t Tabel diperoleh sebesar (1,99). Nilai tHitung (2,40) > t Tabel (1,99), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut dapat disimpulkan, bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran example non example menggunakan media 3D sketchup dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran example non example pada kompetensi dasar membuat gambar potongan sesuai tanda pemotongan.
Published
2020-06-12
Section
Articles
Abstract Views: 153
PDF Downloads: 166