PENERAPAN MODUL PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH DI KELAS X DPIB SMK NEGERI 2 BANGKALAN

  • WAHYUNI PUTRI LESTARI
  • SUPARJI

Abstract

Abstrak

Modul merupakan bahan ajar mandiri bagi siswa yang dapat mempermudah siswa dalam belajar, dapat melakukan kegiatan belajar sendiri, dapat mengetahui kecepatan dan kemampuannya sendiri serta dapat mengetahui hasil belajarnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar dengan menggunakan modul pada mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah time series design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Bangkalan, jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) dan waktu pelaksanaan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X DPIB SMK Negeri 2 Bangkalan. Penelitian ini terdiri dari 2 seri, setiap seri masing-masing dilakukan 2 kali pertemuan. Tes dilakukan setelah selesai perlakuan pada setiap seri yaitu pertemuan 3 dan pertemuan 6.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan perangkat pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 88,13%, termasuk dalam kategori sangat layak. Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase sebesar 88%, termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata pada seri 1 sebesar 80,89 dan seri 2 sebesar 86,25 dengan t hitung sebesar –0.043 dan t tabel sebesar 2,006 (–2,006 < –0,043 < 2,006), maka H0 diterima dan Ha ditolak.

Kata Kunci: Modul, Keterlaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar.

Abstract

Modules are independent teaching materials for students that facilitated them in learning, can conduct their own learning activites, can know the speed and ability of their own learning and can know the result of their own study. The purpose of this reserch is to implementation of learning activities and learning outcomes by using modules on subjects the basics of building construction and soil measurement techniques.

The design used in this research is the time series design. This research was conducted at SMK Negeri 2 Bangkalan, class major of “Desain permodelan dan Informasi Bangunan” (DPIB) and the time of implementation was in the 2nd semester of the 2019/2020 academic year. The sample used are 28 students of grade X DPIB of SMK Negeri 2 Bangkalan. This research consisted of 2 series while each series was held 2 times meeting. The test was done after the treatment is finished in each series in the 3rd and 6th meeting.

The result showed that the feasibility of learning device obtained an average of 88,13%, include in the very decent category. The learning implementation obtained a percentage of 88%, include in the excellent category. Student learning outcomes showed an average value, in series 1 of 80,89 and series 2 of 86,25 with t count of –0,043 and t table of 2,006 (–2,006 < –0,043 < 2,006), therefore H0 is accepted and Ha is rejected.

Keywords: Module, Learning Implementation, Learning Outcomes
Published
2020-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 232
PDF Downloads: 377