STUDI TERHADAP VALIDASI SERTA MANFAAT PENGGUNAAN MAKET DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG

  • Dinar Trenada Universitas Negeri Surabaya
  • Gde Agus Yudha Prawira Adistana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembelajaran yang efektif membutuhkan sarana prasarana penunjang yang baik termasuk media pembelajaran, bahan ajar yang digunakan, dan kondisi ruang belajar yang kondusif.  Media embelajaran adalah aspek penting dalam penyerapan materi yang diterima peserta didik, karena media bersifat mewakili dan memperjelas materi yang telah disampaikan guru sehingga proses pembelajaran lebih mudah diterima dan dipahami. Penggunaan media yang tepat, kreatif dan inovatif mampu membangkitkan motivasi dan kemauan belajar siswa yang tinggi sehingga proses pembelajaran akan lebih efektif. Tujuan studi ini adalah mengetahui kelayakan media maket potongan rumah tinggal untuk mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung, dan mengetahui manfaat penggunaan maket dalam suatu pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung. Studi dilakukan dengan cara melaksanakan validasi maket oleh ahli media serta melakukan telaah terhadap beberapa artikel hasil penelitian sebelumnya yang relevan dan mengkaji teori dari beberapa referensi terkait.  Hasil dari studi yang dilakukan adalah validasi media maket yang dikembangkan mendapatkan rata-rata nilai dari dua validator sebesar 86,67 % dengan kesimpulan bahwa media dinilai sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, validasi oleh mahasiswa menghasilkan perbaikan media maket agar lebih sempurna dan  layak digunakan dalam pembelajaran. Manfaat penggunaan maket dari hasil kajian adalah 1) maket dapat mengurangi siswa dalam berimajinasi yaitu mengubah penyampaian informasi yang abstrak menjadi lebih konkret, 2) maket memudahkan guru dalam menjelaskan materi, 3) maket memberikan kesan utuh bagi siswa saat pembelajaran.

Kata kunci : Media maket, potongan rumah tinggal, penelitian relevan.

Published
2020-02-25
Section
Articles
Abstract Views: 164
PDF Downloads: 1913