VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN KONTRUKSI TANAH BERORIENTASI MODEL CTL BERBANTUAN MEDIA ANIMASI

  • Aprilia Stella Ohee Universitas Negeri Surabaya
  • Soeparno Soeparno Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pemilihan model, strategi, dan media belajar dalam pembelajaran pendidikan formal, harus dipertimbangkan untuk menghindari dampak negatif emosional kepada peserta didik, agar siswa lebih tertarik kepada materi pembelajaran. Inovasi serta kreativitas diperlukan untuk mewujudkan atmosfer pembelajaran yang menarik. Permasalahan yang dialami oleh guru selama proses pembelajaran pekerjaan kontruksi tanah di SMK Negeri 3 Boyolangu adalah terbatasnya inovasi model pembelajaran dan keterbatasan media belajar yang dapat meningkatkan pemahaman belajar serta motivasi peserta didik. Berasas pada permasalahan-permasalahan di atas, maka solusi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut perlu dikembangkan perangkat pembelajaran beriorentasi model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan media animasi. Rumusan massalah pada penelitian ini adalah (1) kelayakan perangkat pembelajaran kontruksi tanah berorientasi model CTL, (2) kelayakan media animasi. Tujuan penelitian adalah (1) menghasilkan perangkat pembelajaran kontruksi tanah berorientasi model CTL ,dan (2) media animasi yang layak digunakan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (development research) dengan menerapkan modelĀ  4D. Subjek penelitian ini ialah perangkat pembelajaran dan media animasi. Perangkat pembelajaran dan media animasi yang akan dihasilkan divalidasi oleh dosen Teknik Sipil Unesa dan guru SMK Negeri 3 Boyolangu. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai validasi silabus mendapat nilai validasi 95%, RPP 92%, dan materi 93% dengan kriteria sangat valid atau layak digunakan. Validasi media animasi dilakukan dengan memperhatikan komponen kualitas, tampilan media ,materi dan ilustrasi ,kemudianĀ  divalidasi dan mendapat nilai sebesar 91% dengan kriteria sangat valid atau layak digunakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan perangkat pembelajaran kontruksi tanah berorientasi model CTL dengan berbantuan media animasi yang layak digunakan pada proses pembelajaran.

Kata kunci : CTL, Validitas, Media Animasi

Published
2020-02-25
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 85