PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D SKETCHUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Ilham Rio Aditya Universitas Negeri Surabaya
  • Djoni Irianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kegiatan belajar harus dirancang dan diterapkan sebaik mungkin sehingga membuat  siswa  aktif  dan  mencapai tujuan  suatu  pembelajaran. Salah satu kegiatan yang dapat dilaksanakan adalah menerapkan media yang interaktif, menarik, dan  hasil belajar siswa dapat meningkat.  Media pembelajaran yang digunakan  salah satunya adalah media  3D Sketchup.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis artikel yang berhubungan dengan penerapan media  3D Sketchup dan  hasil belajar siswa yang  meningkat selepas penerapan media  3D Sketchup. Hasil belajar kognitif dan psikomotor merupakan hasil belajar yang dianalisis.  Desain penelitian yang digunakan adalah literatur review,  artikel yang dipakai merupakan  yang diterbitkan  tahun 2015  –  2019. Artikel yang direview  dan dianalisis adalah artikel penelitian yang menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen, dan artikel Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil belajar kognitif kelas eksperimen (menerapkan media  3D Sketchup)  lebih besar daripada kelas kontrol (tidak menerapkan media  3D Sketchup). Hasil belajar kognitif pada artikel PTK menun jukkan bahwa hasil belajar siklus II (memanfaatkan media 3D Sketchup)  lebih besar daripada siklus I (tanpa memanfaatkan  media 3D Sketchup). Hasil belajar  psikomotor mengalami peningkatan setelah penerapan media 3D Sketchup. Kelas eksperimen mendapatkan hasil belajar psikomotor  yang lebih baik  daripada kelas kontrol.  Perbedaan dialami pada siklus I, II, dan III terhadap hasil belajar psikomotor PTK.  Hasil  belajar psikomotor pada siklus I  dan II  belum memuaskan  dibandingkan  siklus III.  Maka kesimpulannya adalah  hasil  belajar  psikomotor  dan  kognitif  siswa  meningkat setelah  diterapkannya  media  3D Sketchup.  Hal ini dikarenakan meningkatnya motivasi belajar siswa  setelah diterapkannya media  3D Sketchup  pada pembelajaran  dan  siswa  aktif  dalam membangun pengetahuannya supaya siswa lebih lama mengingat dan lebih memahami materi.

Kata kunci: 3D Sketchup, hasil belajar kognitif, hasil belajar psikomotor.

Published
2020-02-25
Section
Articles
Abstract Views: 967
PDF Downloads: 774