STUDI LITERATUR : PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE AUTOCAD

  • Rizal Septa Hartanto Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Dani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran dengan software AutoCad; (2) respon terhadap media pembelajaran dengan software AutoCad; (3) hasil belajar setelah menerapkan media pembelajaran dengan software AutoCad. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur. Teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab kelayakan media, respon, dan hasil belajar setelah menerapkan media pembelajaran dengan software AutoCad. Penelitian terdahulu yang sudah terkumpul selanjutnya dikompilasi, dianalisis,dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai pengembangan media pembelajaran dengan software  AutoCad. Kesimpulan dalam penelitian ini dapat diambil bahwa dari hasil analisis diatas (1) media pembelajaran dengan software AutoCad dikatakan layak karena memenuhi aspek-aspek kevalidan media dengan software AutoCad yaitu tujuan relevan dengan deskripsi kompetensi dasar, kebenaran simulasi konsep, komunikatif, jelas, menarik, mudah dipahami, desain warna selaras, dan kemudahan navigasi media dengan persentase rata-rata penilaian validasi ≥ 61%-100% dengan kualitatif baik hingga sangat baik, (2) respon terhadap media pembelajaran dengan software AutoCad dikatakan baik karena responden menunjukkan ketertarikan terhadap media pada aspek kejelasan gambar, warna, kelengkapan materi, dan navigasi media dengan persentase rata-rata penilaian hasil respon ≥ 61%-100% dengan kualitatif baik hingga sangat baik, serta (3) media pembelajaran dengan software AutoCad yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah media pembelajaran dengan software  AutoCad yang telah memenuhi aspek kelayakan media serta hasil uji penerapan media menunjukkan peningkatan hasil belajar setelah menerapkan media pembelajaran dengan software  AutoCad.

Kata Kunci: Software, AutoCad, Media Pembelajaran.

 

Published
2020-08-12
Section
Articles
Abstract Views: 24546
PDF Downloads: 17088