VALIDASIMEDIASKETCHUPDAN PERANGKAT PEMBELAJARANMATERI MENGHITUNG VOLUME PONDASI DAN SLOOF

  • Fajar Nur Rohman Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Dani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berdasarkan survei awal di SMK Negeri 2 Bojonegoro, siswa Kelas XI DPIB mengalami kesulitan dalam belajar mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi, materi menghitung volume pondasi batu kali dan sloof. Hasil belajar yang dicapai pada tahun ajaran 2018/2019 ketuntasan belajar peserta didik ≥ 50% masih berada di bawah KKM.Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui hasil validasi media 3D Sketchup pada materi menghitung volume pondasi batu kali dan sloof (2) Mengetahui hasilvalidasi perangkat pembelajaran berupa Silabus dan RPP dengan menggunakan media 3D SketchUpdalammateri menghitung volume pondasi batu kali dan sloof.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dimana pengumpulan data menggunakan angket validasi.Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berbentukanalisis penilaian hasil validasi Media pembelajaran 3D SketchUp dan perangkat pembelajaran terdiri dari Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat sesuai dengan kisi-kisi guna menyampaikan informasi atau pesan. Angket digunakan sebagai instrumen Validasi terhadap Media 3D SketchUp dan silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Analisis validasi dilakukan dengan cara menjumlahkan hasil validasi yang direkapitulasi kemudian dihitung skor kriteria yang didapat, lalu dipresentasekan dan disesuaikan dengan tabel presentase klasifikasi penskoran.

Validasi Media 3D SketchUpyang akandipakaidalammata pelajaran estimasi biaya konstruksi materimenghitung volume pondasi batu kali dan sloofmendapatkan hasil persentase sebesar 95,56% dengan kategori sangat valid. Validasi perangkat pembelajaran berupa Silabus mendapatkan hasil persentase sebesar 83,57% dengan kaetgori sangat valid, dan validasi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) mendapatkan hasil persentase sebesar 82,63% dengan kategori sangat valid.

Kata Kunci: Validasi, Media 3D SketchUp, Perangkat Pembelajaran

Published
2020-02-25
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 364