FAKTOR PENENTU PEMILIHAN PADA STUDI KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN BAGI CALON PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • Afrida Ersa Nuraini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peserta didik yang sudah lulus dari Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) ingin melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), maka akan dihadapkan dengan beberapa pilihan peminatan paket keahlian pada SMK yang dituju. Salah satunya adalah Jurusan Teknik Bangunan atau yang sekarang menjadi Bidang Keahlihan Kontruksi dan Properti merupakan jurusan yang ada dalam SMK. Di jenjang pemdidikan SMK, program penjurusan dilaksanakan bersamaan dengan penerimaan peserta didik baru. Penentuan pemilihan peminatan paket keahlian yang ada di SMK merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, sebab penentuan pilihan yang kurang tepat dapat mempengaruhi kelangsungan belajar siswa dan karir peserta didik kedepannya. Dari hasil temuan tersebut karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui faktor eksternal dan faktor internal penentu pemilihan peminatan pada studi keahlian teknik bangunan bagi calon peserta didik SMK. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini ialah studi literatur. Pemulisan karya ilmiah dengan studi literatur adalah sebuah penelitian yang persiapannya sama dengan penelitian lainnya, akan tetapi sumber dan metode pengumpulan data dengan mengambil dari 7 jurnal penelitian. Data dari hasil analisis literature tersebut akan digunakan untuk menemukan faktor eksternal dan faktor internal penentu peminatan pada studi keahlian teknik bangunan bagi calon peserta didik SMK. Dari data yang diperoleh, penelitian ini mendapatkan hasil bahwa faktor eksternal yang mempengaruhi penentu pemilihan peminatan pada studi keahlian teknik bangunan bagi calon peserta didik SMK adalah lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan teman sebaya, lingkungan sekolah, dan ekonomi keluarga. Dari beberapa faktor eksternal tersebut yang paling berpengaruh ialah faktor eksternal lingkungan keluarga yaitu dengan persentase Wati (2016:52) 86% dan Hadi (2015:13) 23 %. Sedangkan untuk faktor internal yang mempengaruhi minat calon peserta didik ialah minat, bakat, dan cita-cita. Dari ketiga faktor tersebut yang mempengaruhi penentu pemilihan pada studi keahian Teknik Bangunan bagi calon peserta didik SMK ialah faktor internal minat dengan persentase Wati (2016:52) 98% dan Muhamad (2015:60) 19,42%. Angka persentase tersebut merupakan angka yang paling tinggi yang ditemukan dalam 7 jurnal penelitian.

Kata Kunci: Faktor Eksternal, Faktor Internal, Faktor Penentu.

Published
2020-08-12
Section
Articles
Abstract Views: 207
PDF Downloads: 184