PENGEMBANGAN MEDIA MAKET TANGGA PADA MATERI MENGGAMBAR KONSTRUKSI TANGGA BETON BERTULANG DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • Arya Prasojo mahasiswa

Abstract

Berdasarkan wawancara dan observasi di SMK Negeri 3 Jombang. Pembelajaran kelas XI, kompetensi keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Pada materi Menggambar Konstruksi Tangga Beton Bertulang siswa masih dihadapkan pada pandangan abstrak di luar pengetahuannya tentang konstruksi tangga beton bertulang. Selain itu siswa kurang aktif bertanya pada guru bila menemui kesulitan dalam proses menggambar, serta siswa kurang tertarik pada proses belajaran mengajar. Dikarenakan ketidak sesuaian media dan model pembelajaran dengan materi ajar. Dengan adanya permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media maket tangga.

Researh and development (R&D) merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Pada metode penelitian pengembangan atau R&D terdapat 10 tahapan yang harus dilakukan. Sedangkan untuk mengembangkan  media pembelajaran digunakan tahapan-tahapan sebagai beriku. Pertama potensi dan masalah, kedua pengumpulan data, ketiga desain produk, keempat validasi produk, dan kelima revisi produk. Tahap validasi produk digunakan untuk mengetahui kelayakan media maket tangga. Proses validasi dilakukan oleh ahli media dibidangnnya.

Hasil dari penelitian ini berupa penilaian 4 aspek yang terdapat pada media maket tangga. Pertama aspek materi yang mendapatkan nilai 80%, kedua aspek ilustrasi 90%, ketiga aspek kualitas tampilan 95%, keempat aspek daya tarik 90%. Nilai ke 4 aspek tersebut lalu diolah sehingga didapat nilai validasi media maket tangga sebesar 87,78 % dengan kategori sangat layak. Bila dilihat dari nilai validasi media maket tangga, dapat disimpulkan bahwa media maket tangga dapat digunakan dalam pembelajaran siswa SMK Negeri 3 jombang. Tujuan digunakan media maket tangga dalam pembelajaran yaitu mempermudah pandangan berfikir siswa terhadap konstruksi tangga beton bertulang. selain itu media maket tangga mampu merubah  siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran di kelas. 

Kata Kunci: Media Maket Tangga, Kelayakan Media

Published
2020-08-12
Section
Articles
Abstract Views: 294
PDF Downloads: 339