KELAYAKAN MEDIA MAKET CARDBOARD DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MENGGAMBAR POTONGAN BANGUNAN

  • Traydeca Delfero Universitas Negeri Surabaya
  • Krisna Dwi Handayani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berdasarkan hasil diskusi dengan waka kurikulum SMK Negeri 7 Surabaya didapat bahwa tercapainya
pembelajaran yang aktif dan berjalan sesuai dengan rencana diperlukan beberapa stimulus dalam pelaksanaannya
agar menumbuhkan minat belajar siswa. Stimulus tersebut bisa dilakukan dengan pemberian media pembelajaran
yang baru serta pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam rencana pelaksanaa pembelajaran. Media maket
dalam kamus memiliki arti yaitu bentuk tiruan yang berguna menampilkan atau memvisualisasikan bangunan benda
yang ditirunya persis, tanpa perlu mengamati objek aslinya dengan skala kecil yang terbuat dari berbagai bahan. Dari
kajian penelitian yang relevan menunjukkan bahwa media maket yang tervalidasi sangat baik terhadap peningkatkan
hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dari media maket cardboard dan perangkat
pembelajaran pada pelajaran menggambar potongan bangunan.
Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif menggunakan teknik dalam pengambilan
data berupa angket validasi media maket cardboard, angket validasi silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran). Analisis validasi yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen pengumpulan data dengan
penjumlahan nilai yang direkapitulasi kemudian dihitung skor kriteria didapat, setelah itu dipersentasekan dan
disesuaikan dengan tabel persentase kualifikasi penilaian.
Hasil penelitian kelayakan media maket cardboard pelajaran menggambar potongan bangunan menunjukan
kategori Layak karena maket ini dibuat sedemikian rupa untuk mempermudah siswa dalam belajar potongan
bangunan. Hasil kelayakan perangkat pembelajaran dari Silabus mendapatkan hasil kategori layak dan penilaian RPP
mendapatkan hasil kategori sangat layak. Pada pengembangan silabus dilakuakan perubahan pada indikator
pencapaian yang mengarah pada penilaian KI 4, sedangkan dalam pengembangan penyusunan RPP diterapkan sesuai
indikator dalam silabus dan dijelaskan sedetail mungkin dalam pelaksanaannya.

Author Biographies

Traydeca Delfero, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Sipil

Krisna Dwi Handayani, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Sipil

Published
2020-08-18
Section
Articles
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 180