LITERATUR REVIEW : STUDI TENTANG PENGEMBANGAN MEDIA 3D SKETCHUP PADA MATERI PROYEKSI PERSPEKTIF DENGAN MENGGAMBAR TAMPAK RUMAH SEDERHANA

  • Endru Rakha Putra Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Menurut hasil dari berbagai jurnal terhadap media pembelajarannya, ternyata masih minim dalam
ketersediannya. Namun, pada nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) siswa ternyata masih 80%, yang
seharusnya semua harus mencapai pada standar KKM yaitu 75. Maka, salah satu dari berbagai macam
media yang dapat digunakan yaitu berhubungan dengan visualisasi atau dengan gambar. Dan untuk
mengatasi kurangnya media pembelajaran yang hanya menggunakan gambar 2 dimensi, maka akan
digunakan visualisasi 3 dimensi dari software Sketchup dimana jauh akan lebih menarik.
Metode penelitan artikel ini dilakukan dengan studi literatur terhadap beberapa hasil penelitan
terdahulu. Data yang diambil berupa hasil kelayakan dan hasil belajar siswa dari beberapa jurnal.
Kemudian, ditinjau kembali untuk mendapat hasil perbandingan antara perolehan hasil persentase
kelayakan serta perolehan hasil belajar berupa nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar dalam
penggunaan media 3D Sketchup dari beberapa hasil penelitian jurnal-jurnal terdahulu.
Hasil perbandingan kelayakan media 3 dimensi Sketchup ternyata didapat hasil yang sangat layak
dengan materi perspektif tampak bangunan rumah sederhana. Hal tersebut dinyatakan dari hasil penelitian
Sayuti (2017) dengan materi menggambar piktorial lebih unggul dan valid dari sisi keterangannya,
sehingga media 3D Sketchup tersebut layak digunakan pada proses pembelajaran. Sedangkan,
perbandingan nilai hasil belajar serta persentase ketuntasannya didapat hasil perolehan dari penelitian
Sayuti (2017) dengan materi piktorial yang masih belum unggul, Namun pada hasil penelitian Priyo (2018)
menyatakan hasil ketuntasan hasil belajar yang paling unggul dan memenuhi dalam penelitian dengan
menggunakan media 3D Sketchup.


Kata Kunci: Media 3D Sketchup, Kelayakan Media, Hasil Belajar.

Published
2020-08-18
Section
Articles
Abstract Views: 302