KELAYAKAN MEDIA 3D SKETCHUP DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI DETAIL PENULANGAN BALOK DAN KOLOM

  • Rizal Nur Ahmad Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara serta observasi yang telah dilakukan dengan guru SMKN 2 Bojonegoro
kompetensi keahlian DPIB kelas XI menunjukan hasil belajar siswa pada tahun ajaran 2017/2018, ketuntasan
belajar klasikal siswa ≥ 45% masih dibawah kriteria ketuntasan minimal, Stimulus tersebut di lakukan
dengan pemberian media pembelajaran 3D sketchup pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam
rencana pelaksanaa pembelajaran, Dari kajian penelitian yang relevan menunjukkan bahwa media 3D
sketchup yang tervalidasi sangat baik terhadap peningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
Mengetahui kelayakan media 3D Sketchup pada materi detail penulangan balok dan kolom (2) Mengetahui
kelayakan perangkat pembelajaran pada materi detail penulangan balok dan kolom.
Analisis hasil Validasi media 3D Sketchup dan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan menggunkan Instrumen atau angket yang telah dibuat sesuai dengan kisi-kisi
yang sesuai untuk menyalurkan pesan atau informasi untuk pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah
angket Validasi Media 3D Sketchup, angket validasi silabus dan angket validasi RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran).
Hasil Validasi pada Media 3D Sketchup yang digunakan pada pembelajaran materi detail penulangan
balok dan kolom mendapatkan persentase sebesar 93,33% dengan kategori Sangat Layak. Hasil validasi
perangkat pembelajaran didapatkan dari validasi Silabus dan RPP pada materi detail penulangan balok dan
kolom, hasil validasi pada Silabus mendapatkan persentase sebesar 88,57% dengan kaetgori Sangat Layak,
dan hasil validasi RPP mendapatkan persentase sebesar 80,53% dengan kategori Sangat Layak.


Kata Kunci: 3D Sketchup, Perangkat Pembelajaran, Kelayakan Media

Published
2020-08-18
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 252