RESPON SISWA SMKN 3 JOMBANG TERHADAP PEMBELAJARAN MEKANIKA TEKNIK MENGGUNAKAN POWERPOINT ANIMASI

  • Dilla Amalia Amalia mahasiswa
  • Bambang Sabariman Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana respon siswa kelas X BKP 1 terhadap pembelajaran mekanika teknik menggunakan powerpoint berbasis animasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X BKP 1 SMKN 3 Jombang, dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Penelitian ini memiliki satu permasalahan yang diselidiki yaitu, bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran mekanika teknik menggunakan powerpoint berbasis animasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mendapatkan hasil respon siswa kelas X BKP1 SMKN 3 Jombang. Teknik pengumpulan data melalui angket respon siswa. Data yang terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan rumus statistik persentase yang mengacu pada skala Guttman. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa persentase angka secara deskriptif. Data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif analitis untuk memperoleh jawaban dari permasalahan yang terdapat pada penelitian. Hasil uji media powerpoint berbasis animasi yang telah divalidasi oleh ahli media diperoleh tingkat pencapaian 97,14 % sehingga berada pada kualifikasi sangat valid. Hasil perhitungan angket respon siswa yang telah divalidasi oleh ahli media diperoleh tingkat pencapaian 85,60 % sehingga berada pada kualifikasi sangat valid. Hasil penelitian diketahui 74,85% siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran mekanika teknik menggunakan powerpoint animasi. Hal ini menunjukkan siswa tertarik dan senang mengikuti kegiatan pembelajaran mekanika teknik menggunakan powerpoint animasi. Angket respon siswa disebar secara online setelah angket respon siswa dan media powerpoint berbasis animasi telah dilakukan validasi oleh validator.

Kata Kunci: powerpoint, animasi, respon siswa, pembelajaran mekanika teknik, deskriptif.

Published
2020-08-24
Section
Articles
Abstract Views: 289
PDF Downloads: 288