IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA VIDEO BERBASIS COREL DALAM MENERAPKAN TAHAPAN PENGUKURAN LOKASI DI KELAS XI BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI

  • Jovan Septian Pradana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Model pembelajaran kooperatif yang digabungkan dengan media video pembelajaran berbasis corel sehingga
hasil belajar peserta didik lebih merata dan perhatian peserta didik meningkat saat materi disampaikan merupakan
inovasi pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1) Mengetahui kelayakan perangkat Model
Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Dengan Media (2)Mengetahui respon peserta didik terhadap
penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Dengan Media Video Berbasis Corel (2)
Mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted
Individualization Dengan Media Video Berbasis Corel.
Penelitian ini menggunakan desain peneitian Quasi Eksperimen Design. Tahapan penelitian dimulai dari
penyusunan perangkat dan instrument pembelajaran, validasi perangkat dan instrument pembelajaran, pelaksanaan
penelitian, posstest, analisis hasil belajar peserta didik dan analisis respon siswa.
Hasil data penelitian menuntukkan kelayakan perangkat pembelajaran memperoleh prosentase rerata 80% yang
termasuk kategori sangat layak. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas BKP 1 (kelas eksperimen) sebesar 76 dan siswa
kelas BKP 2 (kelas kontrol) sebesar 75. Hasil analisis uji-t dua pihak diperoleh hasil t hitung = 5,14 t tabel = 2,00 dengan
nilai signifikan 5%. Kesimpulan yang dapat diambil dari uji t-test bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya hasil belajar
siswa dengan menggunakan media video dengan model pembelajaran TAI lebih besar dibandingkan hasil belajar siswa
yang hanya menggunakan model pembelajaran TAI pada materi menerapkan tahapan pengukuran lokasi. Respon siswa
terhadap Media Video berbasis Corel pada kompetensi dasar menerapkan tahapan pengukuran lokasi menunjukkan
persentase sebesar 78% dengan kategori Kuat (K).


Kata Kunci : Team Assisted Individualization, media Video, model pembelajaran

Published
2020-08-25
Section
Articles
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 214