KEUNGGULAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS AUDIO VISUAL SEBAGAI MEDIA PRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK TEKNIK BANGUNAN

  • Dea Elvina Damitri Mahasiswa UNESA

Abstract

Abstrak

Teknik Bangunan merupakan salah satu bidang studi di SMK yang mempelajari tentang perencanaan dan pelaksanaan konstruksi bangunan yang membutuhkan pendekatan khusus dalam penyampaian materi. Oleh karena itu, diperlukan visualisasi pada setiap materi yang disampaikan oleh guru. Penggunaan media powerpoint berbasis audio visual sebagai media presentasi diharapkan dapat memberikan visualisasi kepada siswa terhadap materi yang disampaikan. Penulisan artikel ini bertujuan untuk meninjau mengenai keunggulan media powerpoint berbasis audio visual sebagai media presentasi terhadap hasil belajar siswa SMK Teknik Bangunan. Studi dilakukan dengan cara membaca literature, merangkumkannya serta membuat analisis dari beberapa artikel jurnal yang relevan. Hasil dari studi menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media powerpoint berbasis audio visual memiliki beberapa keunggulan yaitu: 1) Dapat menampilkan teks, gambar, bahkan suara yang dapat menarik perhatian siswa sehingga pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik. 2) Dapat disertai dengan narasi dan ilustrasi suara, musik, dan video yang dimainkan pada saat presentasi yang dapat melukiskan gambar hidup dan suara memberikan daya tarik tersendiri sehingga dapat mengatasi kejenuhan peserta didik saat proses pembelajaran dan minat belajar lebih meningkat. 3) Memiliki penyajian yang menarik dengan adanya permainan warna, huruf dan animasi baik animasi teks maupun animasi gambar atau foto sehingga lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji dan dapat memperkuat ingatan. Beberapa keunggulan tersebut tentu berperan penting dalam proses pembelajaran yang berujung pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Media Powerpoint, Audio Visual, Hasil Belajar, SMK Teknik Bangunan, Literature Review

 

Abstract

Building Engineering is one of the fields of study at Vocational Schools that study the planning and implementation of building construction that requires a special approach in the delivery of material. Therefore, visualization is needed on every material delivered by the teacher. The use of audio visual based media as a presentation media is expected to provide visualization to students of the material presented. The writing of this article aims to review the benefits of audio visual-based powerpoint media as a media for presentation of student learning outcomes in vocational building engineering. The study was conducted by reading the literature, summarizing it and making an analysis of several relevant journal articles. The results of the study show that learning to use audio visual media based on powerpoint media has several advantages, namely: 1) Can display text, pictures, and even sounds that can attract students' attention so that the information message is visually easily understood by students. 2) Can be accompanied by narration and sound illustrations, music, and videos played during presentations that can paint vivid images and sounds provide a special attraction so that they can overcome the boredom of students when the learning process and interest in learning increases. 3) Have an interesting presentation with the existence of color games, letters and animation both text animation and animated images or photos so that it is more stimulating for children to find out more information about teaching materials that are presented and can strengthen memory. Some of these advantages certainly play an important role in the learning process that results in increased student learning outcomes.

Keywords: Powerpoint Media, Audio Visual, Learning Outcomes, Vocational Building Engineering, Literature Review              

Published
2020-08-29
Section
Articles
Abstract Views: 2502
PDF Downloads: 7299