PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MODUL PADA KOMPETENSI MENGHITUNG GAYA BATANG KONSTRUKSI RANGKA SEDERHANA

  • Eric Pratama S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

Abstract

Dalam mata pelajaran menghitung tidak bisa di gunakan model pembelajaran yang mengedepankan pengetahuan sosial, tetapiimengedepankan keuletan dan kekontinuan dalam mencari masalah. Media yang digunakan untuk menunjang metode yaituamodul. Tujuanipenelitian inieadalah untukjmengetahui (1) Hasil Belajaraterhadap penggunaan model pembelajaranjberbasis masalah menggunakan modul pada mata pelajaran mekanika teknik; (2) Responasiswa terhadapipenggunaan model pembelajarantberbasis masalah menggunakan modul pada mata pelajaran mekanika teknik.

Dalam Penelitian ini digunakan metode True Experimental Design  dalam bentuk posttestonly.  Dalam metode ini ada duatkelompok yang semuanya dipilih secara acak.  Kelompoktpertama mendapat perlakauanidan kelompoktkedua tidak mendapat perlakuan. Kelompok yang mendapat perlakuan di sebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak mendapat perlakuantdisebut kelompokecontrol. Didapat sampel pada penelitian ini  adalah siswa-siswi kelastX BKP SMK Negerit2 Bojonegoroitahun 2018/2019. Pada penelitian ini di gunakan instrumen penelitian lembarlvalidasi perangkatipembelajaran, angket respon siswa, dan lembar posttes. Di penelitian ini di gunakan Teknik analisis data berupa  analisis respon siswa, dan hasil belajar pada kedua kelompok dengan menggunkan uji statistika (uji t).

Hasil dari penelitian menunjukan hasil nilai rata-rata belajar siswa pada pertemuan pertamajmateri titik buhul di kelompok eksperimen 77,06 dan kelompok kontrol 55,4. Pertemuan kedua materi  potongan (ritter) kelompok eksperimen 64,22 dan kelompok kontrol 52,10. Pertemuan ketiga materi Cremona kelompok eksperimen 79,41 dan kelompok kontrol 61,65. Pada pertemuan ke empat dilakukan post test dengan hasil nilai rata-rataikelompok eksperimene 75,03 dan kelompokekontrol  56,65.

Kata kunci : Modul, gaya batang, hasil belajar, model pembelajaran.

Published
2020-09-04
Section
Articles
Abstract Views: 166
PDF Downloads: 121