PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING DENGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK

  • Halimatus Sa'diyah Mahasiswa

Abstract

Abstrak

Penelitian menggunakan model pembelajaran tipe peer tutoring dengan modul pada mata peajaran mekanika teknik yang bertujuan untuk mendapatkan hasil penerapan model pembelajaran tipe peer tutoring dengan modul sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran mekanika teknik terhadap peserta didik kelas X DPIB di SMKN 3 Jombang. Mengetahui terjadinya peningkatan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran mekanika teknik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe peer tutoring dengan modul terhadap peserta didik kelas X DPIB di SMKN 3 Jombang. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experimental design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X DPIB di SMKN 3 Jombang dengan sebanyak 70 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X DPIB 1 dan X DPIB 2, dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Metode pengambilan data menggunakan cara interview, angket, dan tes untuk peserta didik. Hasil penelitian di analisis menggunakan hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Terdapat hasil keaktifan peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol setiap pertemuan meningkat sejumlah dua peserta didik sehingga rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen pada pertemuan I dan pertemuan II hasil nilai 75,429 sedangkan pada kelas kontrol pada pertemuan I dan pertemuan II hasil nilai 71,071, kesimpulanya terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga terjadi peningkatan keaktifan peserta didik.

Kata kunci: Model Pembelajaran Peer Tutoring, Hasil Belajar, Keaktifan Peserta didik

 

Abstract

He study uses a peer tutoring type learning model with modules in engineering mechanics subjects that aims to find the application of the peer tutoring type learning model with modules as an effort to improve learning outcomes in technical mechanics students towards class X DPIB students in SMKN 3 Jombang. Find an increase in the activeness of students in the learning process in the subject of engineering mechanics using a peer tutoring type cooperative learning model with a module for students of class X DPIB in SMKN 3 Jombang. This research is a type of experimental research with a quantitative approach and the type of research is quasi experimental design. The subjects of this study were students of class X DPIB in SMKN 3 Jombang with 70 students consisting of two classes, namely class X DPIB 1 and X DPIB 2, in this study using simple random sampling. Methods of data collection using interviews, questionnaires, and tests for students. The results of the study were analyzed using learning outcomes and active learners. There was an increase in the activeness of students in the experimental class and the control class in each meeting which increased by two students so that the average learning outcomes of students in the experimental class at the first meeting and second meeting resulted in a value of 75.429 while in the control class at the first meeting and the second meeting the results were 71.071, in conclusion there is an increase in student learning outcomes between the experimental class and the control class so that there is an increase in the activeness of students.

 

Keywords: Peer Tutoring Learning Model, Learning Outcomes, Student Activity

Published
2020-09-23
Section
Articles
Abstract Views: 197
PDF Downloads: 218