Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Konstruksi dan Teknik Pengukuran Tanah
DOI:
https://doi.org/10.26740/jkptb.v6i2.36584Abstract
Penelitian pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan teknik pengukuran tanah ini mempunyai tujuan untuk melihat kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. Metode penelitian ini Pre-Expremental Design dengan bentuk One Shoot Case Study pada siswa kelas X DPIB semester gasal tahun pelajaran 2019/2020 di SMKN 7 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kognitif pilihan ganda, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan perangkat pembelajaran, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini diperoleh 87,85% hasil validasi kelayakan perangkat pembelajaran artinya perangkat sangat layak digunakan. Nilai keterlaksanaan pembelajaran 83,62% artinya pelaksanaan kegiatan pembelajaran berjalan dengan sangat baik. Rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 80 lebih besar dari KKM (?75) artinya tuntas dan ketuntasan kelas sebesar 87% artinya tuntas. Demikian, dapat dikatakan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan teknik pengukuran tanah ini meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Kelayakan, Keterlaksanaan, Snowball Throwing
Downloads
Abstract views: 155
,
PDF Downloads: 124
