PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DAN

  • TITIN TRIANTI Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pembaharuan dan perbaikan proses belajar mengajar di sekolah dapat meningkatkan mutu pendidikan siswa. Pembelajaran dengan K-13 menuntut siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan bisa meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bermaksud yaitu mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran PBL dan DI pada mata pelajaran gambar teknik di SMK.

Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif dan meta-analisis sebagai jenis penelitian. Teknik analisis menggunakan teknik Hunter-Schmidt. Sampel penelitian ini menggunakan nilai siswa yang telah diterapkan model pembelajaran DI dan PBL.

Berdasarkan perhitungan meta-analisis yang telah dilakukan, nilai χ2 hitung > dari χ2 tabel (11,501>11,070) pada (α) sebesar 5%, sehingga Ha diterima. Bisa disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang diterapkan model pembelajaran PBL  dan DI pada mata pelajaran gambar teknik di SMK. Perbedaan tersebut bisa terjadi dikarenakan faktor internal dan faktor eksternal siswa. Faktor internal meliputi kondisi atau keadaan siswa. Sedangkan faktor eksternal meiputi lingkungan sekolah dan perbedaan sintax model pembelajaran.

 Kata Kunci: PBL, DI, Hasil Belajar

Published
2020-10-26
Section
Articles
Abstract Views: 225
PDF Downloads: 302