Studi Terhadap Media Pembelajaran 3D SketchUp Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

  • Rochmad Syafril Ismunandar Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peserta didik pada umumnya sulit memahami gambar kerja dua dimensi. Indikasi rendahnya pemahaman terhadap gambar kerja dua dimensi adalah hasil belajar peserta didik tidak memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Pada penelitian sebelumnya, banyak yang menggunakan media pembelajaran 3D SketchUp untuk menyajikan gambar tiga dimensi sebagai alat bantu dalam pemahaman peserta didik, oleh karena itu studi terhadap media pembelajaran 3D SketchUp dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik perlu dilakukan. Tujuan dari studi ini adalah mengetahui mengapa aplikasi 3D SketchUp dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan bagaimana aplikasi 3D SketchUp dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan pengumpulan data penelitian yang relevan tentang media pembelajaran 3D SketchUp.  Setelah hasil penelitian yang relevan sudah terkumpul maka dilakukan kompilasi, dianalisis, dan disimpulkan untuk mengetahui hasil dari studi literatur. Berdasarkan hasil studi literatur dari beberapa jurnal, bahwa media 3D SketchUp dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena keunggulan yang dimiliki dapat menginformasikan materi dalam bentuk gambar tiga dimensi yang menarik dan memiliki keunggulan membuat video animasi yang konkret. Menggunakan media 3D SketchUp dapat meningkatkan hasil belajar apabila telah memenuhi persyaratan validasi dalam aspek artistik tampilan, aspek kandungan materi, aspek kesesuaian bentuk dan  aspek daya tarik media.

Kata kunci : Hasil Belajar, Media Pembelajaran, SketchUp

Published
2020-11-11
Section
Articles
Abstract Views: 585
PDF Downloads: 1668