RELEVANSI MATERI MATA PELAJARAN MENGGAMBAR SMK DALAM RANGKA RINTISAN PENGEMBANGAN MATERI MATA KULIAH MENGGAMBAR S-1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT-UNESA

  • Muhammad Rizal Efendi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas lulusan serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Program Studi S1 Pendidikan Teknik  Bangunan (PTB) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui persentase tingkat relevansi kompetensi pada cakupan kurikulum mata kuliah menggambar S1-PTB FT-UNESA dengan cakupan kompetensi pada kurikulum mata pelajaran menggambar SMK dan apakah perlu adanya rintisan pengembangan materi yang terdapat pada kurikulum S1-PTB FT-UNESA.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang disajikan dalam bentuk data deskriptif. Obyek pada penelitian ini adalah mata pelajaran menggambar program studi S1-PTB FT-UNESA, dan mata pelajaran menggambar kompetensi keahlian Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 1 Sidoarjo.

Hasil penelitian menunjukkan data bahwa tingkat relevansi kompetensi pada cakupan kurikulum mata kuliah menggambar S1-PTB FT-UNESA dengan cakupan kompetensi pada kurikulum mata pelajaran menggambar DPIB SMK N 1 Sidoarjo, mempunyai tingkat relevansi 87,10% masuk pada kategori sangat relevan (SR) dan materi yang tidak relevan 12,90% yaitu terdapat 8 kompetensi dasar pada kurikulum SMK N 1 Sidoarjo yang tidak tercakup dalam kurikulum S1-PTB FT-UNESA yaitu: (1) Menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja, (2) Mengevaluasi hasil print-out gambar, (3) Menerapkan gambar site plan,  (4) Menerapkan prosedur pembuatan lay out desain interior, (4) Menerapkan prosedur pembuatan maket desain interior, (5) Mengevaluasi hasil maket desain interior, (7) Menerapkan prosedur maket gedung, (8) Menerapkan prosedur pembuatan laporan. Kurikulum S1-PTB FT-UNESA sepenuhnya sesuai dengan buku pedoman UNESA tentang tujuan program pengelolaan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas lulusan namun perlu adanya rintisan pengembangan terhadap materi pada kurikulum.

Kata Kunci : Relevansi, Materi, Menggambar.

 

Published
2020-11-08
Section
Articles
Abstract Views: 237
PDF Downloads: 259