PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA PERAGA MINIATUR PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROSEDURNPEMBUATAN GAMBAR DETAIL PONDASI DAN SLOOF
DOI:
https://doi.org/10.26740/jkptb.v6i2.36732Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini ialah untuk mengetahuii (a)Keterlaksanaan model pembelajaran. kooperatif tipepicture and ppicture dengan media peraga miniatur pada kompetensii dasar menerapkan prosedur pembuatan ,gambar detail pondasi dan sloof; (b) Perbedaannhasil belajar peserta didiksetelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipepicturee and picturedengan media peragaa miniatur dan model pembelajaran langsung.
Quasi eksperimendengan tipe Posttest-Onlyi Control Design adalah jenis penelitian yang akan diterapkan dalam, penelitian ini.Pelaksanaan penelitian di SMK nNegeri 1 Sidoarjo pada semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020, tanggal 22-30 Januari 2020. Penggunaan sampel diambil dari kelas XII DPIB 1dan XII DPIB 2 yang berjumlah 59 siswa. Penggunaan angket adalah yang berupa lembar keterlaksanaan model pembelajaran dan tes hasil belajar. Analisis lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran dan uji t duapihak atau two sample independentdigunakann sebagaiteknik aanalisis data.
Hasil dari dilaksanakannya penelitian ini(a) Hasil tatap muka pertama untuk keterlaksanaan modell pembelajarankooperatif tipepicture and picturee dengan perolehan 80% dan tatap muka kedua menunjukkan kenaikan menjadi 90%. (b) Rata-rata nilai yangg diperoleh dari hasilbelajar kelas dengan model pembelajarann kooperatif tipepicture aand picture adalah sebesar 89, sedangkan penggunaan model pembelajaran langsung diperoleh rata-rata nilai sebesar 86. Analisis uji t dua pihak mendapat hasil . Terdapat perbedaan yang signifikan padan hasil belajar dengan menggunakan modell pembelajaran kooperatif tipeppicture and picture dan model pembelajaran langsungdengan signifikasi = , artinyamenunjukkan-bahwa rerata hasil belajar kelas dengan MPK tipe pictureee and picture dengan kelas tanpa MPK tipe picture aand picture berbeda secara signifikan.
Kata kunci:MPK Type Picture andd Picture, Media Peraga Miniatur, Keterlaksanaan Pembelajaran.
Downloads
Abstract views: 195
,
PDF Downloads: 165
