PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA PERAGA MINIATUR PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PROSEDURNPEMBUATAN GAMBAR DETAIL PONDASI DAN SLOOF

  • Khusnatul Mawaddah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini ialah untuk mengetahuii (a)Keterlaksanaan model pembelajaran. kooperatif tipepicture and ppicture dengan media peraga miniatur pada kompetensii dasar menerapkan prosedur pembuatan ,gambar detail pondasi dan sloof; (b) Perbedaannhasil belajar peserta didiksetelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipepicturee and picturedengan media peragaa miniatur dan model pembelajaran langsung.

Quasi eksperimendengan tipe Posttest-Onlyi Control Design adalah jenis penelitian yang akan diterapkan dalam, penelitian ini.Pelaksanaan penelitian di SMK nNegeri 1 Sidoarjo pada semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020, tanggal 22-30 Januari 2020. Penggunaan sampel diambil dari kelas XII DPIB 1dan XII DPIB 2 yang berjumlah 59 siswa. Penggunaan angket adalah yang berupa lembar keterlaksanaan model pembelajaran dan tes hasil belajar. Analisis lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran dan uji t duapihak atau two sample independentdigunakann sebagaiteknik aanalisis data.

Hasil dari dilaksanakannya penelitian ini(a) Hasil tatap muka pertama untuk keterlaksanaan modell pembelajarankooperatif tipepicture and picturee dengan perolehan 80% dan tatap muka kedua menunjukkan kenaikan menjadi 90%. (b) Rata-rata nilai yangg diperoleh dari hasilbelajar kelas dengan model pembelajarann kooperatif tipepicture aand picture adalah sebesar 89, sedangkan penggunaan model pembelajaran langsung diperoleh rata-rata nilai sebesar 86. Analisis uji t dua pihak mendapat hasil . Terdapat perbedaan yang signifikan padan hasil belajar dengan menggunakan modell pembelajaran kooperatif tipeppicture and picture dan  model pembelajaran langsungdengan signifikasi = , artinyamenunjukkan-bahwa rerata hasil belajar kelas dengan MPK tipe pictureee and picture dengan kelas tanpa MPK tipe picture aand picture berbeda secara signifikan.

Kata kunci:MPK Type Picture andd Picture, Media Peraga Miniatur, Keterlaksanaan Pembelajaran.

Published
2020-11-11
Section
Articles
Abstract Views: 170
PDF Downloads: 143