PENGARUH KELENGKAPAN SARANA UNTUK EFESIENSI PEMBELAJARAN PRATIKUM KONSTRUKSI KAYU DI SMK JURUSAN TEKNIK BANGUNAN

  • Aqzanul Aine Muhqofi S. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Konstruksi kayu merupakan salah satu dari mata pelajaran muatan lokal yang harus dipelajari oleh seluruh siswa. Kondisi kelengkapan peralatan kerja pada bengkel kerja konstruksi kayu di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dianggap memasuki fase krisis. Hal tersebut menjadi masalah untuk tiap sekolah kejuruan yang seharusnya dapat menjadikan siswa lebih unggul, ulet, kreatif, dan terampil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh proses belajar studi literature, review jurnal memiliki kesamaan tujuan yaitu: mengetahui pelaksanaan konstruksi kayu. Selain itu, peran guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat saat praktikum agar mudah dipahami oleh siswa merupakan solusi dari masalah tersebut.
Adapun metode yang digunakan adalah metode kuantitatif pendekatan deskriptif dan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan metode kualitatif dengan pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi, mendapatkan hasil penelitian yaitu: luas bengkel yang belum memenuhi standar sehingga kelengkapan kerja pun tidak tersedia dengan baik. Metode kuantitatif pendekatan deskriptif dengan cara pengambilan data yang sama memperoleh hasil peralatan kerja sudah memenuhi standar. Berdasarkan Permendiknas No. 40 tahun 2008 kesesuaian ukuran luas bengkel kerja kayu adalah 304² untuk digunakan 32 siswa dengan meninjau tata letak peralatan di ruang bengkel kerja sesuai dengan alur kerja praktik yang sistematis.
Hasil dari penelitian di atas menunjukkan bahwa adanya pengaruh terhadap proses belajar mengajar terutama pada kegiatan praktikum siswa. Kelengkapan peralatan bengkel sebagai penunjang praktikum yang kurang lengkap dan luas bengkel kerja yang tidak memenuhi dan kurang maksimum. Simpulan dari penelitian di atas adalah kelengkapan dan luasan bengkel kerja kayu sangat berpengaruh terhadap pencapaian proses belajar mengajar.
Kata Kunci : Konstruksi Kayu, Peralatan kerja, Praktikum.

Published
2020-11-19
Section
Articles
Abstract Views: 235
PDF Downloads: 391