PENERAPAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) PADA PROSES PEMBELAJARAN BIDANG TEKNIK

  • Muhammad Azzam Saifulloh Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Serangkaian komunikasi antara siswa dengan guru atau biasa disebut dengan proses pembelajaran bisa dikatakan efektif apabila materi yang diberikan oleh guru dapat diterima oleh siswa. Salah satu upaya yang dapat membantu pemahaman materi oleh siswa adalah menerapkan media yang menarik, penggunaan ini salah satunya untuk mengurangi verbalisme atau prosentase pemberian materi secara lisan atau searah oleh guru agar siswa mudah memahami pemberian materi tersebut. Salah satu media pembelajaran yang cukup efektif yaitu media Augmented Reality (AR). Augmented Reality (AR) merupakan media pembelajaran dari gabungan benda nyata dan benda maya dalam bentuk aplikasi baik benda 2 dimensi atau 3 dimensi yang diproyeksikan dalam lingkungan nyata dalam platform Android. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran, respon peserta didik, dan menganalisis nilai hasil belajar penerapan media Augmented Reality terhadap peserta didik.

Metode penelitian menggunakan penelitian studi literatur dengan menelaah 7 jurnal terkait Augmented Reality. Hasil dari berbagai telaah literatur ini akan digunakan untuk mengidentifikasi penerapan media Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar siswa SMK pada pembelajaran teknik.

Hasil penelitian yang dikaji dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa adanya kecenderungan positif terhadap kelayakan media Augmented Reality untuk digunakan atau diterapkan dalam pembelajaran teknik diantaranya meliputi tampilan media yang lebih mudah diterima, penyampaian materi menjadi lebih efisien dan dapat dimengerti. Dengan media yang layak diterapkan hal ini juga mempengaruhi respon yang diberikan oleh peserta didik yang cenderung lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan nyaman dan mudah. Dengan layaknya media Augmented Reality dan mendapatkan respon baik dari peserta didik hal ini juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan nilai hasil dari peserta didik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya penerapan Media Augmented Reality pada pembelajaran teknik sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran teknik untuk SMK.

Kata Kunci: Augmented Reality, Penerapan, Media Pembelajaran

A series of communication between students and teachers or commonly called the learning process can be said to be effective if the material provided by the teacher can be accepted by students. One of the efforts that can help students understand the material is applying interesting media, one of which is to reduce verbalism or the percentage of giving material orally or in one direction by the teacher so that students easily understand the provision of the material. One of the learning media that is quite effective is Augmented Reality media. Augmented Reality is a learning medium from combining the real world and the virtual world in the form of applications both 2-dimensional or 3-dimensional objects projected in a real environment on the Android platform. The purpose of this study was to analyze the feasibility of learning media, student responses, and to analyze the value of learning outcomes in the application of Augmented Reality media to students.The research method uses literature study research by examining 7 journals related to Augmented Reality. The results of various reviews of the literature will be used to identify the application of Augmented Reality (AR) media to the learning outcomes of vocational students in engineering learning.The results of research that are reviewed and analyzed can be concluded that there is a positive tendency towards the feasibility of Augmented Reality media to be used or applied in technical learning, including the appearance of media that is more easily accepted, the delivery of material becomes more efficient and understandable. With appropriate media to be applied, this also affects the responses given by students who tend to be more enthusiastic in participating in learning so that learning can take place comfortably and easily. With Augmented Reality media and getting good responses from students, this is also very influential in increasing the value of the results of students. From this research it can be concluded that the application of Augmented Reality Media in technical learning is very suitable to be applied in technical learning for SMK.

Keywords: Augmented Reality, Application, Learning Media

Published
2020-12-02
Section
Articles
Abstract Views: 259
PDF Downloads: 0 PDF Downloads: 774