VALIDASI PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN MEDIA MINIATUR PONDASI STRAUSS PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 1 KEDIRI

  • Olfi Kristin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan belajar pada materi menggambar detail konstruksi beton bertulang menggunakan perangkat lunak. Kesulitan peserta didik adalah saat membayangkan rangkaian penulangan yang sesungguhnya di lapangan apabila guru mengajar dengan lembar kerja 2D saja. Pemilihan media yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dapat dijadikan sebagai inovasi oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validasi perangkat pemebelajaran dan media miniatur pondasi strauss pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak.

Pengujian validitas instrumen dengan jenis validitas konstrak (construck validity) dilakukan berdasarkan pendapat ahli (judgment expert) dengan jumlah tenaga ahli, yakni dua validator dari Jurusan Teknik Sipil Unesa dan satu validator dari SMK. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran yang berupa lembar validasi silabus, RPP, materi, soal dan media berupa miniatur pondasi strauss. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengisian angket kelayakan perangkat pembelajaran dan media miniatur pondasi strauss. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data validasi perangkat perangkat pembelajaran dan media miniatur pondasi strauss melalaui lembar angket yang diisi oleh validator.

Hasil validasi perangkat pembelajaran meliputi: 1) Silabus dengan prosentase sebesar 96,00% dinyatakan sangat layak digunakan, 2) RPP dengan prosentase sebesar 96,67% dinyatakan sangat layak digunakan, 3) Materi dengan prosentase sebesar 86,00% dinyatakan sangat layak digunakan, 4) Soal dengan prosentase sebesar 94,29% dinyatakan sangat layak digunakan, 5) Hasil validasi media miniatur pondasi strauss adalah sebesar 91,00% dinyatakan sangat layak digunakan, sehingga perangkat dan media pembelajaran dapat dinyatakan sangat layak digunakan secara keseluruhan.

Kata Kunci: Media Miniatur, Pondasi Strauss, Menggambar dengan Perangkat Lunak.

Published
2020-12-17
Section
Articles
Abstract Views: 746
PDF Downloads: 590