PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN KONVENSIONAL PADA MATERI GAMBAR PONDASI KELAS X KGSP SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • Slamet Riadi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mencari tahu perbedaan..hasil belajar antara siswa yang diajar menerapkan Model Picture and Picture dan Pembelajaran konvensional pada kompetensi dasar memahami jenis-jenis potongan gambar serta aturan dalam menggambarnya pada materi gambar pondasi kelas X KGSP di SMK Negeri 5 Surabaya.

Metode yang dipakai ialah kuasi eksperimen dengan.desain.penelitian “Nonequivalent Control Group Design” yakni..Posttest-only..Control.Group..Design. Subjek yang dipakai untuk penelitian adalah..siswa..kelas X KGSP SMK Negeri 5Surabaya tahun pelajaran 2019/2020. Terkait dengan adanya covid-19, pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara online menggunakan whatsaap dan google classroom. Data diperoleh melalui tes kemudian dianalisis hasil belajarnya.  Nilai psikomotorik pada akhir  pembelajaran dijadikan sebagai variabel hasil belajar.

Penelitian pada kelas X KGSP 1 diperoleh nilai sebesar 70,7 dari 36 Siswa, Nilai median sebesar 72, Nilai minimum 65, dan Nilai maksimum 74. Siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Picture and Picture pada kelas X KGSP 2 diperoleh nilai sebesar 87,6 dari 36 siswa, Nilai median sebesar 85, Nilai minimum 65, dan Nilai maksimum 96. Analisis uji hipotesis (uji t) diperoleh thitung sebesar 20,75 dan ttabel..sebesar 2,000. Diperoleh kesimpulan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang dilatih menerapkan model Picture and Picture dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Siswa yang dilatih menerapkan model pembelajaran Picture and Picture lebih bersemangat dalam proses pembelajaran dan materi yang di sampaikan lebih mudah di pahami.

Kata kunci: Hasil Belajar, Gambar Pondasi

 

Published
2020-12-17
Section
Articles
Abstract Views: 186
PDF Downloads: 138