Penggunaan Jobsheet Pada Materi Menggambar Potongan Bangunan Di SMK Negeri 1 Sidoarjo

  • elma elviana universitas negeri surabaya

Abstract

Jobsheet merupakan lembar kegiatan siswa yang berisi petunjuk dan tahapan pengerjaan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau praktik sesuai waktu yang ditentukan dengan hasil yang benar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penggunaan  jobsheet pada materi menggambar potongan bangunan.

Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 1 Sidoarjo semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Terkait dengan terjadinya covid-19, pelaksanaan pembelajaran disesuaikan anjuran dari SMK yaitu dengan menggunakan pembelajaran secara online menggunakan whatsaap dan situs edmodoo. Sebelum dilakukan penelitian, perangkat pembelajaran yang digunakan untuk materi menggambar potongan bangunan dilakukan validasi kelayakan oleh dua dosen ahli dan satu guru. Pelaksanakan pembelajaran dilakukan tiga kali pertemuan, pertemuan pertama dan kedua diberikan jobsheet berupa berkas PDF dan dilakukan penjelasan melalui whatsapp, dilanjutkan dengan tugas gambar potongan. Hasil pekerjaan dikirim melalui situs edmodoo dan dilakukan penjelasan pembetulan tugas. Pertemuan ketiga dilakukan tes hasil belajar psikomotor materi gambar potongan bangunan menggunakan jobsheet secara online. Soal diberikan melalui whatsapp dan pengumpulan hasil tes berupa foto yang diunggah di situs edmodoo.

Hasil kelayakan validasi perangkat pembelajaran yang dilakukan sebelum covid-19 memperoleh rata-rata persentase sebesar 92%. Persentase tersebut ditinjau dari tabel interpretasi skor termasuk kategori sangat layak artinya semua instrumen kelayakan terpenuhi dan perangkat pembelajaran dapat digunakan penelitian. Hasil belajar psikomotor siswa memperoleh persentase ketuntasan klasikal 92,5% atau mendapat nilai di atas kriteria minimal 75 dengan rata-rata kelas 81,95. Hasil belajar siswa setelah penggunaan jobsheet pada materi menggambar potongan bangunan dapat mencapai di atas KKM, karena siswa dapat memahami materi gambar potongan bangunan secara mandiri.

Published
2020-12-18
Section
Articles
Abstract Views: 291
PDF Downloads: 368