PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MENGGAMBAR PONDASI FOOTPLATE DENGAN PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Mauliya Habibah Pendidikan Teknik Bangunan

Abstract

Berdasarkan observasi di SMK Negeri 2 Surabaya, instrumen penilaian hasil belajar peserta didik dalam menggambar konstruksi pondasi dengan perangkat lunak masih belum menerapkan instrumen penilaian K13, sementara di SMK Negeri 2 Surabaya sudah memakai silabus maupun rencana perangkat pembelajaran (RPP) K13. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan instrumen penilaian menggambar konstruksi pondasi footplate.

Jenis penelitian ini yaitu pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Model ini mempunyai tahapan-tahapan dalam melakukan penelitian yang mudah dipahami serta mudah dilaksanakan dalam penelitian pengembangan. Model ADDIE terdiri atas tahap  Analysis, Design, Development, Implementasi dan Evaluation (Cahyadi, Rahmat Arofah Hari 2019:36). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil validasi perangkat dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik.

Adapun instrumen perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Miniatur dan Instrumen penilaian menggambar konstruksi pondasi footplate. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan angket validasi oleh para ahli dan guru SMK Negeri 2 Surabaya dengan menggunakan analisis data validasi perangkat. Hasil validasi menunjukkan bahwa Silabus memperoleh 91,67% dengan kategori sangat layak digunakan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memperoleh 85,88% termasuk kategori sangat layak digunakan, Media miniatur memperoleh 86,67% dengan kategori sangat layak digunakan. Dan, Instrumen penilaian memperoleh 88,33% dengan kategori sangat layak digunakan sebagai instrumen penilaian hasil belajar pada materi menggambar konstruksi pondasi footplate.

Kata Kunci : Instrumen penilaian menggambar, R&D, Pondasi Footplate

Published
2020-12-29
Section
Articles
Abstract Views: 329
PDF Downloads: 448