PENERAPAN MEDIA SKETCHUP DAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAM PROSES PEMBELAJARAN

  • NOVIAR RAHMAN MAULANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Hendra Wahyu Cahyaka Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media SketchUp dalam proses pembelajaran, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Explicit Instruction dalam proses pembelajaran.

Metode penelitian artikel ini dilakukan dengan studi literatur terhadap beberapa hasil penelitian terdahulu. Data yang diambil berupa hasil kelayakan dan hasil belajar siswa dari beberapa artikel atau jurnal. Kemudian, dilakukan peninjauan kembali untuk mengetahui hasil perbandingan antara presentase kelayakan dan perolehan hasil belajar dari kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penggunaan media SketchUp dari beberapa hasil penelitian artikel atau jurnal.

Hasil perbandingan kelayakan media SketchUp dari beberapa jurnal yang sudah direview ternyata mendapatkan hasil dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini sejalan dengan salah satu jurnal dari Priyo Nur Cahyanto (2019) dimana hasilnya menyatakan bahwa kelayakan validasi yang sudah dinyatakan valid oleh 3 validator, pada aspek ilustrasi dengan nilai 83,33% sebagai nilai tertinggi. Media visual tiga dimensi tersebut memiliki keunggulan yang ditunjukkan pada aspek ilustrasi sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa. Sedangkan penerapan model pembelajaran Explicit Instruction juga dinyatakan layak dijadikan sebagai proses pembelajaran. Hal ini sejalan dengan-penelitian Qorri Aina (2016) dimana hasil belajar di kelas eksperimen terdapat peningkatan pada hasil belajar lebih baik daripada kelas kontrol.

Published
2021-01-10
Section
Articles
Abstract Views: 273
PDF Downloads: 319