STUDI LITERATUR TENTANG KELAYAKAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D SKETCHUP DI SMK

  • hendra krismanja Universitas Negeri Surabaya
  • hasan dani universitas negeri surabaya

Abstract

Studi awal yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruhan (SMK) Negeri 3 Surabaya untuk melakukan wawancara tentang masalah yang ada pada jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti. Dari hasil wawancara dengan ketua jurusan dan guru pelajaran tersebut terdapat masalah siswa kesulitan untuk memahami materi yang diajarkan oleh guru disebabkan kurang adanya media yang menjadi alat peraga yang digunakan sebagai gambaran asli materi yang diajarkan. Peneliti mencoba untuk menggembangkan media yang menjadi permasalahan di jurusan tersebut menggunakan media berbasis komputerisasi yaitu 3D Sketchup pada materi menerapkan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap, pekerjaan plafond, dan penutup lantai.

Pengembangan media 3D Sketchup pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media 3D Sketchup yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menerapkan tahapan-tahapan pelaksanaan pekerjaan kerangka dan penutup atap. Sebagai alat peraga yang nyata media 3D Sketchup diharapkan mampu membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan menjadikan suasana menjadi tidak membosankan. Tahapan dan kriteria pengembangan media akan diperoleh melalui hasil penelitian yang relevan untuk memperoleh hasil pengembangan media yang baik.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library research penelitisn ini memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. Tegasnya riset pustaka membatasi kegiatannya hanya pada bahan-bahan koleksi buku, jurnal, dan dokumen-dokumen yang terdapat di perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapanagan.  Penelitian ini akan menggunakan data dari penelitian yang relevan selanjutnya data yang diperoleh dikompilasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mampu menjawab tujuan dari penelitian ini tanpa riset lapangan. Hasil pada penelitian ini diharapkan mampu menemukan bagaimana kelebihan dan kekurangan media 3D Sketchup yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI jurusan bisnis konstruksi dan properti di sekolah tersebut.

Kata Kunci: Media 3D Sketchup, Komputerisasi, library research

Published
2021-01-11
Section
Articles
Abstract Views: 306
PDF Downloads: 486