SPARKOL VIDEOSCRIBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN JEMBATAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Yuli Ariyati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berdasarkan dengan hasil yang diperoleh dari berbagai jurnal terhadap proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran sparkol videoscribe, menunjukan adanya peningkatan yang dijelaskan pada setiap jurnal yang direview. Metode pada penelitian artikel ini dilakukan dengan cara studi literature terhadap beberapa hasil penelitian yang terdahulu. Data yang diambil merupakan hasil penerapan pembelajaran, hasil kelayakan, respon siswa serta hasil belajar siswa dari beberapa jurnal. Kemudian dilakukan tinjauan terhadap artikel yang relevan untuk mendapat presentase hasil dari perbandingan antara penerapan, kelayakan, respon dan hasil belajar siswa dari beberapa jurnal terdahulu. Hasil yang diperoleh dari studi literature ini menunjukan pada penerapan presentase yang dicapai dan efektif digunakan, hal tersebut dinyatakan pada penelitian yang dilakukan oleh Miftachul Jannah (2019), Cita Sari Dewi (2019), Wahyu romadoni (2019), Fitri nurjannah (2017), Ika Novia Listiani (2017). Hasil kelayakan media yang diambil data dari jurnal relevan terdahulu menunjukan hasil sangat layak, peneltian ini dilakukan oleh Fitri Nurjannah (2017) dengan presentase 95%. Respon siswa menyatakan presentase respon belajar siswa meningkat hingga 86,8% yang dilakukan oleh penelitian terdahulu yaitu Fitri Nurjannah (2017). Sedangkam hasil belajar siswa menunjukan presentase nilai sebesar 84 dari KKM 66 yang dilaksanakan oleh Miftachul Jannah (2019).

Kata Kunci : Media pembelajaran, Sparkol Videscribe, Hasil belajar Siswa

Published
2021-01-08
Section
Articles
Abstract Views: 505
PDF Downloads: 1402