STUDI TENTANG PENERAPAN MEDIA 3D SKETCHUP DALAM PEMBELAJARAN DI SMK

  • ROBBY DHERMAWAN SUJITO PUTRO MAHASISWA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui serta mendeskripsikan hasil perbandingan keterlaksanaan pembelajaran dari beberapa artikel setelah menerapkan media 3D Sketchup (2) Mengetahui serta mendeskripsikan hasil perbandingan hasil belajar peserta didik dari beberapa artikel setelah menerapkan media 3D Sketchup. Metode penelitian artikel ini dilakukan dengan studi literature terhadap hasil penelitian terdahulu. Data yang diambil berupa hasil keterlaksanaan pembelajaran peserta didik dan hasil belajar peserta didik dari beberapa jurnal. Kemudian, ditinjau kembali untuk mendapat hasil perbandingan antara perolehan presentase hasil keterlaksanaan pembelajaran peserta didik serta perolehan hasil belajar berupa nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar dalam penggunaan media 3D Sketchup pada pembelajaran dari beberapa hasil penelitian jurnal-jurnal terdahulu. Hasil keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media 3D Sketchup sangat baik jika digunakan, hal tersebut dikarenakan semua artikel memperoleh rata-rata yang semuanya masuk kriteria sangat layak. Sedangkan pada hasil belajar, dari beberapa penelitian yang relevan tersebut, dari sekian data yang dibandingkan dalam proses review ini dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media 3D Skechup mengalami peningkatan yang cukup signifikan meskipun dalam nilai rata-ratanya sama-sama cukup baik. Hal tersebut dikarenakan peserta didik lebih mudah dalam membayangkan materi yang diajarkan.

Kata Kunci: Hasil belajar peserta didik, Keterlaksanaan pembelajaran, 3D Sketchup.

Published
2021-01-19
Section
Articles
Abstract Views: 1097
PDF Downloads: 1059 PDF Downloads: 0