PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KONSTRUKSI PADA SISWA SMK JURUSAN TEKNIK BANGUNAN

  • Ahmad Faishal Tsaqib Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Wiyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Menggambar konstruksi bangunan masih menimbulkan kesulitan tersendiri bagi siswa SMK Jurusan Teknik Bangunan. Karena itu diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif yang dapat dipahami dengan mudah oleh siswa. Dengan kata lain, media tersebuut harus mampu meningkatkan literasi konstruksi siswa, supay asiswa dapat dengan mudah memahami informasi dan instruksi yang disampaikan dalam media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media pembelajaran jobsheet pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan dalam meningkatkan literasi konstruksi siswa SMK Jurusan Teknik Bangunan. Melalui pendekatan qualitatively literature review, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media jobsheet dapat meningkatkan kemampuan literasi konstruksi siswa SMK Jurusan Teknik Bangunan. Kemampuan literasi konstruksi ini selanjutnya akan berdampak pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas yang disampaikan dalam mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan. Jobsheet yang mampu meningkatkan literasi konstruksi adalah jobsheet yang memenuhi aspek-aspek kevalidan jobsheet, yaitu materi, kebahasaan, tampilan, penggunaan, konsistensi, format, kegrafikan, manfaat, kelayakan. Selain itu, jobsheet juga harus praktis, yang ditunjukkan dengan keterpenuhan aspek-aspek antara lain kejelasan isi, kejelasan cakupan materi, kejelasan informasi, pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien (jelas dan singkat), kebermaknaan, tampilan, adanya daya tarik pembaca, penggunaan font tulisan, lay out jobsheet, kejelasan tata letak struktur karakteristik jobsheet.

Published
2021-01-27
Section
Articles
Abstract Views: 352
PDF Downloads: 435