STUDI KELAYAKAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA MINIATUR PONDASI TIANG PANCANG PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PERHITUNGAN VOLUME PEKERJAAN KONSTRUKSI GEDUNG, JALAN, DAN JEMBATAN

  • Lintang Bestari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Berdasarkan survei awal saat melaksanakan PLP (Pengenalan Lingkungan Persekolahan) di SMKN 1 Tuban, siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi (EBK), materi menghitung volume pekerjaan konstruksi gedung, jalan, dan jembatan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil validasi perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, serta handout pada kompetensi dasar menerapkan perhitungan volume pekerjaan konstruksi gedung, jalan, dan jembatan di kelas XI SMK, (2) mengetahui hasil validasi media pembelajaran berupa maket pondasi tiang pancang pada kompetensi dasar menerapkan perhitungan volume pekerjaan konstruksi gedung, jalan, dan jembatan di kelas XI SMK. Data uji validitas tersebut diperoleh dari hasil validasi para ahli, untuk hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh dari satu dosen ahli dan satu guru ahli di SMK, sedangkan hasil validasi media pembelajaran diperoleh dari dosen ahli media jurusan Teknik Sipil yaitu menggunakan instrumen lembar uji validasi angket. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu pengembangan perangkat pembelajaran model Plomp, yang telah dibuat sesuai dengan kisi-kisi guna menyampaikan informasi untuk kegiatan belajar. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dan media miniatur layak digunakan, dengan hasil sebagai berikut : silabus mendapatkan skor rata-rata sebesar 82,86% (sangat valid), rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 83,68% (sangat valid), handout sebesar 84,44% (sangat valid), dan media miniatur pondasi tiang pancang sebesar 94,17% (sangat valid).

Published
2021-02-01
Section
Articles
Abstract Views: 528
PDF Downloads: 441