STUDI LITERATUR :META - ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA SMK

  • Mochamad Rizqi Romadloni Universitas Negeri Surabaya
  • Hendra Wahyu Cahyaka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar mekanika teknik siswa. Metode penelitihan yang digunakan adalah metode meta – analisis dengan sampel sebanyak 8 artikel pada jurnal nasional. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa ukuran efek total adalah 1,24 (SD = 1,08). Penggunaan media pembelajaran memberikan hasil 39,25% untuk meningkatkan hasil belajar mekanika teknik siswa. Klasifikasi media yang mempunyai pengaruh paling besar adalah media elektronik = 1,60 (SD = 1,21). Media elektronik memberikan kontribusi sebesar 44,52%. Materi dalam media pembelajaran yang memberikan pengaruh paling besar adalah materi reaksi gaya dan reaksi tumpuan  = 1,62 (SD = 1,11). Penggunaan media pembelajaran meningkatkan hasil belajar mekanika teknik pada materi reaksi gaya dan reaksi tumpuan sebesar 44,74%. Jenis klasifikasi media pada materi keseimbangan gaya normal gaya lintang dan momen pada balok sederhana yang memberi pengaruh paling besar adalah media elektronik dengan  = 1,21 (SD = 1,20). Penggunaan media pembelajaran macromedia flash, Scrath, dan CAI mampu meningkatkan hasil belajar mekanika teknik pada materi keseimbangan gaya normal gaya lintang dan momen pada balok sederhana sebesar 38,69%. Jenis klasifikasi media pada materi reaksi gaya dan reaksi tumpuan yang memberikan pengaruh paling besar adalah media elektronik dengan  = 2,11 (SD = 1,25). Penggunaan media pembelajaran macromedia flash dan CAI mampu meningkatkan hasil belajar mekanika teknik pada materi reaksi gaya dan tumpuan sebesar 48,26%.

Published
2021-02-23
Section
Articles
Abstract Views: 438
PDF Downloads: 461