STUDI LITERATUR :META - ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar mekanika teknik siswa. Metode penelitihan yang digunakan adalah metode meta – analisis dengan sampel sebanyak 8 artikel pada jurnal nasional. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa ukuran efek total adalah 1,24 (SD = 1,08). Penggunaan media pembelajaran memberikan hasil 39,25% untuk meningkatkan hasil belajar mekanika teknik siswa. Klasifikasi media yang mempunyai pengaruh paling besar adalah media elektronik = 1,60 (SD = 1,21). Media elektronik memberikan kontribusi sebesar 44,52%. Materi dalam media pembelajaran yang memberikan pengaruh paling besar adalah materi reaksi gaya dan reaksi tumpuan = 1,62 (SD = 1,11). Penggunaan media pembelajaran meningkatkan hasil belajar mekanika teknik pada materi reaksi gaya dan reaksi tumpuan sebesar 44,74%. Jenis klasifikasi media pada materi keseimbangan gaya normal gaya lintang dan momen pada balok sederhana yang memberi pengaruh paling besar adalah media elektronik dengan = 1,21 (SD = 1,20). Penggunaan media pembelajaran macromedia flash, Scrath, dan CAI mampu meningkatkan hasil belajar mekanika teknik pada materi keseimbangan gaya normal gaya lintang dan momen pada balok sederhana sebesar 38,69%. Jenis klasifikasi media pada materi reaksi gaya dan reaksi tumpuan yang memberikan pengaruh paling besar adalah media elektronik dengan = 2,11 (SD = 1,25). Penggunaan media pembelajaran macromedia flash dan CAI mampu meningkatkan hasil belajar mekanika teknik pada materi reaksi gaya dan tumpuan sebesar 48,26%.
PDF Downloads: 461