META ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Ainul Yaqien Universitas Negeri Surabaya
  • Suparji Suparji Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Satu diantara penunjang untuk proses belajar mengajar yang efektif diantaranya adalah media/perangkat pengajaran, salah satu diantara banyak perangkat pengajaran yang terbukti bisa membuat hasil belajar pelajar/peserta didik meningkat adalah media pengajaran yang berbasis komputer. Dilakukan analisis kembali dalam penelitian ini mengenai penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dari artikel jurnal yang sudah dipilih dan diseleksi sejalan bersama dengan topik yang ingin diteliti. Maksud dan tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menganalisis kembali artikel jurnal mengenai penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode literature review dengan teknik meta analisis merupakan metode yang dipakai dalam penelitian. Artikel jurnal online dari JK-PTB UNESA dan Google Scholar mengenai penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik merupakan populasi dalam penelitian ini. Sesuai dengan dengan topik penelitian yang diambil maka sampel yang diambil memakai teknik sampling purposive. Pemungutan sampel diperoleh melalui artikel jurnal online sebanyak 12 (dua belas) buah artikel yang terkait dengan topik penelitian. Dokumentasi hasil penelitian merupakan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada artikel ini, dokumentasi hasil penelitian diperoleh dari artikel jurnal pada jurnal online, diantaranya JK-PTB UNESA dan Google Scholar. Instrumen penelitian memanfaatkan tabel review hasil belajar peserta didik sebelum(pretest) dengan setelah(posttest) menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Berlandaskan hasil analisis dan pembahasan literature review, memperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) yakni sebesar 0,000<0,05 dan nilai thitung=7,934>ttabel=2,201 untuk itu bisa diambil kesimpulkan bahwasanya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga bisa diartikan bahwasanya penggunaan media pembelajaran berbasis komputer terbukti bisa membuat hasil belajar peserta didik meningkat.

 Kata Kunci: Meta Analisis, Media Pembelajaran Berbasis Komputer, Hasil Belajar.

Author Biography

Suparji Suparji, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Published
2021-02-28
Section
Articles
Abstract Views: 1055
PDF Downloads: 716