STUDI LITERATUR PENGEMBANGAN MODUL MEDIA PEMBELAJARAN AUTOCAD PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI DPIB SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • Much Dimas Pratama Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Wiyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Metode penelitian artikel ilmiah yang digunakan yaitu menggunakan data study literatur penelitian yang relevan dan telah dilakukan penelitian sebelumnya. Data yang digunakan yaitu data kelayakan modul pada jurnal terdahulu. Selanjutnya ditinjau dan ditelaah kembali untuk mendapatkan perbandingan antara perolehan persentase hasil kelayakan bahan ajar modul dalam penggunaan media pembelajaran software AutoCad dari beberapa hasil penelitian jurnal-jurnal terdahulu.

Model pengembangan modul yang digunakan dalam study literatur ini yaitu menggunakan analisis review model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiangarajan (1974), model pengembangan Borg & Gall (1983), dan model pengembangan Sugiono (2012). Berdasarkan model pengembangan modul tersebut, kemudian dilakukan analisis untuk mendapatkan model pembelajaran yang sesuai berdasarkan penerapan model pengembangan modul yang telah dilakukan sebelumnya.

Pada keenam jurnal penelitian ini mendapatkan hasil perbandingan validasi kelayakan oleh para ahli dengan predikat layak hingga sangat layak. Pada penelitian Ariyanto Saputro (2015), dan Ahmad Aldo (2019) mendapatkan rata rata validasi kelayakan sebesar 79,73% dan 79,16% dengan predikat layak, selanjutnya pada penelitian Zainal Abidin (2019), Yan Permana (2017), Sivia Rara (2020), dan Chandra Setia (2019) mendapatkan predikat validasi kelayakan sangat layak dengan rata rata nilai validasi kelayakan sebesar 83,32%, 85,90%, 95,12%, dan 84,74%.

Hasil analisis data kelayakan modul oleh para ahli didapatkan modul pembelajaran AutoCad dapat digunakan pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung dan dapat sebagai acuan penerapan modul media pembelajaran AutoCad yang digunakan pada siswa kelas XI Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Surabaya.

Kata Kunci: AutoCad, Kelayakan Media, Pengembangan Modul, Study Literatur.

Published
2021-05-03
Section
Articles
Abstract Views: 793
PDF Downloads: 995