PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DARING KOOPERATIF TIPE PAKEM DENGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI SMKN 3 SURABAYA

  • Naufal Fikri Firmansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Firmansyah Sofianto

Abstract

Mata pelajaran mekanika Teknik berisikan materi teori dan perhitungan yang penting dipelajari oleh peserta
didik ditingkat SMK. Pembelajaran dengan tipe PAKEM yang berpusat pada peserta didik sangat diharapkan
dapat dilaksanakan, akan tetapi penyebaran virus Covid-19 mengharuskan guru dan peserta didik
melaksanakan proses belajar dari rumah. Sehingga salah satu yang dapat dilakukan adalah menerapkan
pembelajaran daring kooperatif tipe PAKEM dengan modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
keterlaksanaan proses belajar mengajar menggunakan pembelajaran daring tipe PAKEM dengan modul dan
hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini Posttest Only Control Design dengan sampelnya adalah kelas
X DPIB SMK Negeri 3 Surabaya tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 72 orang. Instrument penelitian
yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan keterlaksanaan kegiatan
belajar mengajar, dan hasil tes belajar. Hasil penelitian ini adalah persentase rata-rata hasil pengamatan
keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar daring tipe PAKEM dengan modul diperoleh nilai 82,88% dengan
kategori sangat baik, dan hasil uji-t diperoleh thitung = 1,95 > ttabel 1,67% (signifikasn, α = 0,05%) artinya Ha
diterima dengan rata-rata hasil belajar peserta didik untuk X DPIB 1 diperoleh 68 dan untuk X DPIB 2
diperoleh 61. Penerapan model pembelajaran daring kooperatif tipe PAKEM dengan modul terlaksana
dengan baik, dan terdapat perbedaan hasil belajar dimana kelas dengan modul pembelajaran konvensional
diperoleh rata-rata nilai lebih rendah dibandingkan tanpa tipe PAKEM.
Kata Kunci: Modul, PAKEM, Keterlaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar.

Published
2021-05-31
Section
Articles
Abstract Views: 164
PDF Downloads: 171