META-ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DPIB

  • Wildan Hendra Hutama Universitas Negeri Surabaya
  • Suparji Suparji Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Salah satu metode untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif dan kooperatif. Ada banyak model pembelajaran kooperatif yang dapat diterapakan pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas, salah satunya adalah model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Banyak penelitian yang telah membahas tentang model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kejuruan. Oleh sebab itu, perlu adanya penelitian meta-analisis mengenai penerapan model pembelajaran tersebut guna memperoleh ringkasan suatu hasil penelitian. Model literature review dengan metode meta-analisis pre-post group contrast dinilai tepat untuk meringkas hasil penelitian mengenai penerapan model pembelajaran STAD. Model pre-post group contrast ialah suatu metode meta-analisis dengan membandingkan nilai rerata treatment pretest dan posttest. Dengan metode pendekatan meta-analisis tersebut, diperlukan sampel jurnal untuk mewakili suatu populasi yang akan diteliti. Oleh karena itu, maka dipilihlah enam jurnal ilmiah yang membahas penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kejuruan. Pencarian enam jurnal tersebut dilakukan secara online pada situs JKPTB Unesa dan google scholar dengan kata kunci “Model Pembelajaran”, “STAD”, dan “Hasil Belajar”. Sedangkan untuk teknik pemilihan artikel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis literature review baik yang dilakukan secara manual maupun melalui aplikasi JASP didapatkan hasil nilai summary effect atau peningkatan skor pretest ke posttest sebesar 9,77 dan taraf signifikansi one-tailed maupun two-tailed. sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik DPIB mata pelajaran kejuruan.

 

Kata Kunci: Meta-Analisis, Model Pembelajaran Student Team Achievement Divsison (STAD), Hasil Belajar.

Published
2021-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 294
PDF Downloads: 811